Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Prancis & Turki Lolos ke Euro 2020, Wakil Grup H

Prancis dan Turki memastikan lolos ke putaran final Piala Eropa (Euro) tahun depan. Prancis lolos setelah menundukkan Moldova 2 - 1, sedangkan Turki imbang tanpa gol saat menjamu Islandia.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 15 November 2019  |  06:13 WIB
Bek tengah Timnas Prancis Raphael Varane merayakan kemenangan timnya atas Moldova. Varane mencetak satu gol di pertandingan itu. - Reuters/Charles Platiau
Bek tengah Timnas Prancis Raphael Varane merayakan kemenangan timnya atas Moldova. Varane mencetak satu gol di pertandingan itu. - Reuters/Charles Platiau

Bisnis.com, JAKARTA – Prancis dan Turki memastikan lolos ke putaran final Piala Eropa (Euro) tahun depan. Prancis lolos setelah menundukkan Moldova 2 - 1, sedangkan Turki imbang tanpa gol saat menjamu Islandia.

Dalam pertandingan Grup H di Stadion Turk Telekom di Istanbul pada Jumat (15/11/2019) dini hari WIB, tuan rumah Turki sedikit lebih mendominasi jalannya pertandingan dengan penguasaan bola mencapai 55 persen, tetapi gagal menjebol gawang Islandia yang dikawal kiper Hannes Halldorsson.

Sementara itu, di Stade de France di Paris, tuan rumah Prancis mengatasi Moldova 2 - 1 berkat gol-gol Raphael Varane (35’) dan penalti Olivier Giroud (79’) untuk membalikkan ketertinggalan mereka dari tim tamu yang sempat mengejutkan dengan gol cepat pada menit ke-9 lewat aksi Vadim Rata.

Dengan hasil dua pertandingan itu, dengan setiap tim masih akan memainkan satu pertandingan lagi pekan depan, Prancis dan Turki dipastikan finis di posisi dua teratas klasemen Grup H sehingga lolos ke putaran final Euro 2020.

Perolehan nilai Prancis 22 dan Turki 20, tak mungkin dapat dikejar lagi oleh peringkat ketiga Islandia (15).

Islandia masih memiliki kemungkinan lolos ke jalur playoff. Jika menang playoff, Islandia akan ikut lolos ke putaran final Euro 2020.

Sementara itu, Albania, Andorra, dan Moldova dipastikan tersingkir, Dalam pertandingan lain di Grup H pada Jumat dini hari WIB, Albania dan Andorra seri 2 - 2, hasil yang tak menyelamatkan kedua tim dari ketersingkiran di kompetisi antarnegara Eropa ini.

Albania menempati posisi keempat klasemen sementara dengan n ilai 13, diikuti Andorra 4, dan Moldova (3) di dasar klasemen.

Terdapat 55 tim yang berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan runner up setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta playoff bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di Nations League musim 2018 - 2019.

Juara bertahan Euro adalah Portugal. Dalam pertandingan final Euro 2016 di Prancis, Portugal menundukkan tuan rumah dengan skor tipis 1 - 0 melalui perpanjangan waktu.

Untuk mengetahui jadwal lengkap pertandingan dua matchday terakhir babak kualifikasi Euro 2020, sila klik di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas prancis Timnas Turki Euro 2020

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top