Hasil, Jadwal, Klasemen, Pencetak Gol Pra-Piala Asia U-19 : Indonesia Memimpin, Fajar Top Skor

Indonesia memimpin klasemen Grup K Pra-Piala Asia U-19 setelah mengalahkan Timor Leste 3 - 1. Dua gol Indonesia dicetak Fajar Fathur Rachman, satu bunuh diri pemain lawan, Gumario Augusto Fernandes.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 07 November 2019  |  07:32 WIB
Hasil, Jadwal, Klasemen, Pencetak Gol Pra-Piala Asia U-19 : Indonesia Memimpin, Fajar Top Skor
Para pemain Timnas Indonesia U-19 (dari kiri ke kanan) Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri, Muhammad Fajar Fathur Rachman, Alfeandra Dewangga Santosa, dan Beckham Putra Nugraha merayakan gol Fajar ke gawang Timor Leste. - Antara/Hafidz Mubarak

Bisnis.com, JAKARTA – Timnas Indonesia U-19 tengah berjuang untuk merebut satu tempat di putaran final Piala Asia U-20 edisi 2020 dengan menjalani tiga pertandingan di Grup K Pra-Piala Asia U-19. Skuat asuhan Fakhri Husaini bertindak sebagai tuan rumah.

Garuda Muda mesti berjuang melewati hadangan tim kuat Korea Utara, selain Timor Leste dan Hong Kong. Dua matchday pertama digelar di Stadion Madya, sedangkan dua pertandingan matchday ketiga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, keduanya di Senayan, Jakarta.

Total terdapat 46 tim yang terlibat dalam babak kualifikasi, yang terbagi menjadi 11 grup, A hingga K. Sembilan grup masing-masing terdiri atas empat tim serta dua grup berisi lima tim.

Setiap juara grup dipastikan lolos ke putaran final di Uzbekistan pada 14 - 31 Oktober tahun depan.

Selain 11 tim juara grup, yang juga lolos ke putaran final adalah empat runner up terbaik plus Uzbekistan selaku tuan rumah.

Apabila ternyata Uzbekistan tampil sebagai juara Grup F babak kualifikasi yang seluruh pertandingannya digelar di Arab Saudi atau menjadi salah satu dari empat runner up terbaik, maka tim runner up grup terbaik kelima ikut lolos ke putaran final.

Indonesia pernah menjadi juara Piala Asia U-19 yakni pada edisi 1961 yang digelar di Thailand. Indonesia ketika itu menjadi juara bersama dengan Myanmar—ketika itu masih bernama Burma—setelah laga final di Bangkok, Thailand, berakhir tanpa gol.

Selain itu, Indonesia pernah meraih posisi runner up pada edisi 1967 dan 1970. Di final edisi 1967 di Bangkok, Thailand, Indonesia kalah 0 - 3 dari Israel, yang saat itu masih menjadi anggota AFC (sekarang anggota Union of European Football Associations).

Pada edisi 1970, dalam pertandingan final Indonesia dikalahkan Myanmar juga dengan skor 0 - 3 di Manila, Filipina.

Dalam dua matchday pertama yang berlangsung pada Rabu (7/11/2019), Indonesia menundukkan Timor Leste dengan skor 3 - 1, sedangkan tim dengan  tradisi kiuat, Korea Utara, secara mengejutkan ditahan imbang Hong Kong 1 - 1.

Dengan hasil dua pertandingan terse but, Indonesia memimpin klasemen sementara dengan nilai 3, diikuti Korut dan Hong Kong masing-masing 1, serta Timor Leste di dasar klasemen sementara Grup K nihil nilai.

Berikut hasil dan jadwal lengkap pertandingan Grup K (dalam WIB) dengan setiap pertandingan Indonesia disiarkan secara langsung oleh RCTI:

Rabu, 6 November:

15:30   Korea Utara 1 vs Hong Kong 1

19:00   Indonesia 3 vs Timor Leste 1

Jumat, 8 November:

15:30   Timor Leste vs Korea Utara

19:00   Hong Kong vs Indonesia

Minggu, 10 November:

15:30   Timor Leste vs Hong Kong

19:00   Indonesia vs Korea Utara.

Klasemen sementara (peringkat, tim, main, menang, seri, kalah, gol memasukkan, gol kemasukan, selisih gol, nilai):

1

 Indonesia

1

1

0

0

3

1

+2

3

2

 Korea Utara

1

0

1

0

1

1

0

1

3

 Hong Kong

1

0

1

0

1

1

0

1

4

 Timor Leste

1

0

0

1

1

3

−2

0

Pencetak gol:

2 Gol: Muhammad Fajar Fathur Rachman (Indonesia)

1 Gol: Lau Ka Kiu (Hong Kong), Ri Go-juk (Korut), Mouzinho de Lima (Timor Leste).

Gol bunuh diri:

Gumario Augusto Fernandes da Silva Moreira (Timor Leste, vs Indonesia)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
timnas indonesia, piala asia u-19, timnas u-19

Sumber : The-AFC.com

Editor : M. Syahran W. Lubis
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top