Hasil Piala Afrika 2019, Pantai Gading & Mali Angkut 3 Poin

Pantai Gading dan Mali memulai perjuangan mereka di Piala Afrika 2019 di Mesir dengan kemenangan.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 25 Juni 2019  |  05:58 WIB
Hasil Piala Afrika 2019, Pantai Gading & Mali Angkut 3 Poin
Penyerang Pantai Gading Jonathan Kodjia merayakan golnya ke gawang Afrika Selatan. - Reuters/Mohamed Abd El Ghany

Bisnis.com, JAKARTA – Pantai Gading dan Mali memulai perjuangan mereka di Piala Afrika 2019 di Mesir dengan kemenangan dalam rangkaian pertandingan mulai Senin (24/6/2019) malam WIB hingga Selasa (25/6/2019) pagi WIB.

Dalam pertandingan kedua matchday pertama Grup D di Stadion Al Salam di Kairo, Pantai Gading, juara edisi 1992 dan 2015, menundukkan Afrika Selatan dengan skor tipis 1 - 0. Satu-satunya gol di laga tersebut dikontribusi Jonathan Kodjia pada menit ke-64.

Dengan hasil tersebut, tim asuhan Ibrahim Kamara menempati posisi teratas klasemen sementara Grup D bersama Maroko yang sehari sebelumnya juga mencatat kemenangan dengan skor persis sama atas Namibia.

Sementara itu, di Grup E, di Stadion Suez di Kota Suez, Mali menghantam Mauritania, debutan di turnamen antarnegara Afrika, dengan skor telak 4 - 1 yang ditandai dengan dua gol dari dua Adama Traore yang berbeda.

Mali membuka keunggulan 8 menit menjelang babak pertama berakhir dengan memanfaatkan assist Adama Traore II, gelandang berusia 23 tahun yang sehari-hari merumput bersama klub Belgia Cercle Bruges dan di turnamen ini mengenakan nomor punggung 21.

Tepat menjelang turun minum, Mali menggandakan keunggulan melalui titik penalti yang sukses dieksekusi Moussa Marega.

Pada babak kedua, Mali, yang prestasi terbaiknya di ajang ini runner up edisi 1972, menambah dua gol lagi. Adama Traore II mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-55, sedangkan Adama Traore I mencetak gol penutup pada menit ke-73.

Ketika mencetak gol, Adama Traore I, penyerang bernomor punggung 14 dan berusia 24 tahun yang sehari-hari bermain untuk klub Prancis Orleans dengan status pinjaman dari Metz, baru bermain selama 12 menit, masuk menggantikan Adama Traore II.

Penyebutan I dan II di belakang nama kedua pemain itu bukan menjadi bagian dari nama, melainkan sekadar untuk membedakan mereka.

Di Grup E laga lainnya di tempat yang sama 3 jam sebelumnya, Tunisia dan Angola berbagi skor imbang 1 - 1. Gol Tunisia, juara 2004, dihasilkan Yussuf Mesakni pada enit ke-34 dari titik penalti, sedangkan Angola membalas lewar Djalma Braune pada menit 73.

Dengan hasil dua pertandingan itu, Mali memimpin klasemen sementara Grup E dengan nilai 3, diikuti Tunisia dan Angola 1, serta Mauritania 0.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
piala afrika, timnas mali, Timnas Pantai Gading

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup