Hasil Gold Cup, Meksiko & Kanada Lolos ke Perempat Final

Meksiko dan Kanada memastikan lolos ke perempat final Gold Cup 2019, turnamen antarnegara anggota oncacaf, setelah memenangi matchday ketiga.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 24 Juni 2019  |  12:54 WIB
Hasil Gold Cup, Meksiko & Kanada Lolos ke Perempat Final
Gelandang serang Timnas Meksiko Carlos Uriel Antuna. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Meksiko dan Kanada memastikan lolos ke perempat final Gold Cup 2019, turnamen antarnegara anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (Concacaf), setelah memenangi matchday ketiga Grup A.

Bermain di Stadion  Rose Bowl di Pasadena, California, Amerika Serikat, Kanada pada Senin (24/6/2019) pagi WIB pesta tujuh gol tanpa balas ke gawang Kuba yang ditandai hattrick Lucas Cavallini dan Jonathan David.

Setelah David membuka keunggulan pada menit ke-3, Cavallini memborong gol kedua hingga keempat pada menit ke-21, 43, dan saat injury time babak pertama sehingga Kanada telah unggul 4 - 0 saat rehat.

Pada babak kedua, Kanada tidak mengendurkan tekanan. Baru 5 menit berjalan, David Hoilett memperbesar keunggulan tim asuhan pelatih asal Inggris, John Herdman.

Berselang 6 menit kemudian, Cavallini berpeluang mencetak gol keempat alias quattrick, tetapi dia gagal memaksimalkan tendangan penalti karena bidikannya melebar.

Akhirnya David ikut mencatatkan diri sebagai pencetak hattrick setelah dia mencetak dua gol tambahan pada menit 71 dan 77 sehingga Kanada, juara Gold Cup edisi 2000, menang mutlak 7 - 0.

Setelah pertandingan tersebut, di tempat yang sama, Meksiko, yang sebelum laga dimulai bisa disebut 99,99 persen sudah lolos ke perempat final karena mengantungi keunggulan selisih gol yang sangat jauh dibandingkan dengan Martinique yakni +9 berbanding -1, menaklukkan lawannya itu 3 - 2.

Carlos Uriel Antuna membuka keunggulan Meksiko, pemegang rekor juara terbanyak tujuh kali, pada menit ke-29 dan keunggulan tersebut bertahan hingga wasit Ivan Barton (El Salvador) mengakhiri pertandingan babak pertama.

Memasuki babak kedua, Martinique, wilayah protektorat Prancis di Karibia, sempat melesakkan gol balasan pada menit ke-56 melalui Kevin Parsemain.

Namun, ketika pertandingan berjalan 1 jam, Raul Jimenez, yang sehari-hari merumput bersama klub Liga Primer Inggris Wolverhampton Wanderers, memulihkan keunggulan anak asuh Gerardo Martino, eks-pelatih FC Barcelona, Timnas Argentina, dan Timnas Paraguay. Skor 2 - 1 untuk Meksiko.

Fernando Bacarro pada menit ke-72 memperbesar keunggulan El Tri, julukan Meksiko, sehingga skor 3-1 dan Martinique hanya mampu memberikan satu lagi gol tambahan melalui Jordy Delem 7 menit men jelang laga usai sehingga skor akhir 3-2 untuk Meksiko.

Dengan hasil dua pertandingan tersebut, Meksiko mengisi posisi teratas klasemen akhir Grup A dengan nilai sempurna 9 hasil menyapu bersih tiga pertandingan dengan kemenangan, diikuti Kanada 6, Martinique 3, dan Kuba 0.

Di perempat final, Meksiko akan bertemu dengan runner up Grup B, sedangkan Kanada meladeni juara Grup B. Di klasemen sementara Grup B, Kosta Rika teratas dan Haiti di posisi kedua, masing-masing dengan nilai 6 dan sudah dipastikan melaju ke perempat final.

Pertandingan antara Kosta Rika dan Haiti yang dijadwalkan berlangsung pada Selasa (25/6/2019) mulai pk. 07.30 WIB hanya akan menentukan posisi juara dan runner up.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
gold cup, timnas meksiko, Timnas Kanada

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup