Ban Kapten Dicopot, Asamoah Gyan Mundur dari Timnas Ghana

Asamoah Gyan, pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Timnas Ghana, mengumumkan pengunduran diri sebagai pemain tim nasional negaranya hanya sebulan menjelang Piala Afrika digulirkan.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 21 Mei 2019  |  17:46 WIB
Ban Kapten Dicopot, Asamoah Gyan Mundur dari Timnas Ghana
Kapten Timnas Ghana Asamoah Gyan setelah menjebol gawang Portugal dalam pertandingan Grup G Piala Dunia 2014 di Brasil. - Reuters/Jorge Silva

Bisnis.com, JAKARTA – Asamoah Gyan, pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Tim Nasional Ghana, mengumumkan pengunduran diri sebagai pemain tim nasional negaranya hanya sebulan menjelang Piala Afrika digulirkan.

Pengumuman tersebut disampaikan hanya beberapa saat setelah ia dicoret sebagai kapten Timnas Ghana.

Gyan yang menempati posisi menyerang tersebut sudah tidak tampil bersama tim nasional sejak September 2017 akibat didera cedera yang tidak kunjung sembuh.

"Setelah berkonsultasi dengan keluarga dan tim, dan sebagai pemain aktif serta kapten tim nasional, jika keputusan pelatih memberikan ban kapten kepada pemain lain pada saat nama saya dalam tim untuk kejuaraan, maka saya ingin mundur," kata Gyan.

"Saya juga menyatakan keinginan untuk mengundurkan dari tim nasional secara permanen," tambahnya.

Pemain berusia 33 tahun itu telah menyarangkan 51 gol dalam 106 penampilan internasional yang merupakan rekor di Timnas Ghana.

Rekor lainnya adalah tampil sebanyak enam kali secara beruntun di putaran final Piala Afrika, serta tiga kali Piala Dunia antara 2006 dan 2014.

Di pentas Piala Dunia, Gyan berhasil mencetak enam gol dan merupakan yang terbanyak di antara pemain Afrika.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
piala afrika, Timnas Ghana

Sumber : GhanaWeb.com & Antara/Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top