Bayern Munchen Ditahan Imbang Leipzig, Dortmund Buka Peluang Juara

Penentu juara Bundesliga masih berlanjut hingga pertandingan terakhir pada Sabtu pekan ini. Kursi peringkat 1 klasemen Liga Jerman itu kian panas setelah Munchen ditahan imbang oleh Leipzig kemarin.
Surya Rianto | 13 Mei 2019 12:15 WIB
Striker Bayern Munchen Robert Lewandowski - Reuters/Michael Dalder

Bisnis.com, JAKARTA -- Bundesliga kian menegangkan menuju pertandingan akhir pada Sabtu (18/05/2019) setelah Bayern Munchen mencatat hasil imbang melawan Leipzig. Di sisi lain, kemenangan Dortmund atas Fortuna Dusseldorf 3-2 membuka peluang Die Borussen untuk meraih gelar juara Liga Jerman tahun ini.

Sebelum pertandingan semalam, peluang Munchen menjadi juara sangat besar setelah unggul 5 poin atas Dortmund yang berada di peringkat kedua. Namun, hasil imbang melawan Leipzig 0-0, sedangkan Dortmund meraup poin penuh telah memangkas selisih menjadi hanya 2 poin.

Sebenarnya, hasil seri sudah cukup untuk Munchen mempertahankan gelar karena memiliki selisih gol 52. Jumlah selisih gol itu jauh lebih besar ketimbang Dortmund yang sebanyak 35.

Jika Munchen terjungkal di laga terakhir, berarti Dortmund akan menutup dominasi Munchen yang menjadi juara selama 6 tahun terakhir.

Pada laga terakhir, Munchen akan berhadapan dengan Eintracht Frankfurt yang kini bercokol di peringkat ke-6 Bundesliga.

Secara head to head dalam 8 pertandingan terakhir, Munchen menang 6 kali, seri 1 kali, dan kalah 1 kali.

Satu-satunya kekalahan Munchen terjadi ketika berhadapan dengan E. Frankfurt pada 19 Mei 2018. Kala itu, Munchen dilibas 1-3.

Namun, Munchen selalu menang besar ketika berhadapan dengan E. Frankfurt sepanjang musim 2018-2019.

Munchen mencatatkan kemenangan 5-0 atas E. Frankfurt pada 12 Agustus 2018. Lalu, Para Bavaria melibas E.Frankfurt 3 gol tanpa balas pada 22 Desember 2018.

Jika melihat 8 pertandingan terakhir yang dilakoni kedua tim, Munchen bisa dibilang cukup stabil dengan mencatat 6 kemenangan, 2 kali seri. E. Frankfurt justru menuai hasil buruk setelah 6 pertandingan berturut-turut tanpa kemenangan.

Kemenangan terakhir E. Frankfurt terjadi pada 19 April 2019 setelah unggul 2-0 atas Benfica di Liga Eropa. 

Namun, hasil historis yang lebih mengarah kemenangan untuk Munchen itu tidak bisa jadi patokan. Peluang Munchen terjungkal masih bisa terjadi.

Apalagi, pemimpin klasemen sementara Bundesliga itu sempat ditahan imbang tim juru kunci Nurnberg 1-1 pada 28 April 2019. Ditambah dengan hasil imbang melawan Leipzig, berarti peluang Munchen terjungkal masih terbuka.

Lalu, bagaimana peluang Dortmund dalam laga terakhirnya?

Dortmund harus berhadapan dengan salah satu tim papan atas di klasemen yakni, Monchengladbach. Lawan Dortmund itu kini berada di peringkat ke-4 Bundesliga.

Secara head to head dalam 8 pertandingan terakhir, Dortmund unggul dengan 7 kali kemenangan dan 1 kali kekalahan.

Satu-satunya kekalahan Dortmund atas Moenchengladbach terjadi pada 11 April 2015 atau empat tahun lalu. Dortmund harus menyerah 1-3 dari Moenchengladbach.

Dalam 8 pertandingan terakhir, Moenchengladbach mencatat 3 kemenangan, 2 seri, dan 3 kalah. Terakhir, Moenhengladbach menang besar 4-0 atas juru kunci NUernberg. 

Lalu, Dortmund mencatatkan 5 kali kemenangan, 1 kali seri, dan 2 kali kalah dalam 8 pertandingan terakhir.

Pertandingan terakhir, Dortmund unggul 3-2 atas Fortuna Duesseldorf, klub peringkat ke-11 Bundesliga.

Dua kekalahan Dortmund terjadi ketika berhadapan dengan Schalke 04 dan Bayern Munchen.

Nah, kira-kira apakah Munchen akan mempertahankan gelar juara Bundesliga tujuh kali berturut-turut atau Dortmund yang mematahkan dominasi para Bavaria tersebut?

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Bundesliga, Bayern Munchen

Editor : Surya Rianto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup