Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Liverpool Melangkahkan Satu Kaki di Semifinal

Liverpool bisa dikatakan sudah melangkahkan satu kaki di semifinal setelah memastikan kemenangan 2-0 atas FC Porto dalam pertandingan leg pertama perempat final di Anfield.
Roberto Firmino merayakan gol kedua dalam pertadingan Liverpool vs FC Porto dalam laga perempatfinal Liga Champions di Anfield, Rabu (10/4/2019)/Reuters
Roberto Firmino merayakan gol kedua dalam pertadingan Liverpool vs FC Porto dalam laga perempatfinal Liga Champions di Anfield, Rabu (10/4/2019)/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Liverpool bisa dikatakan sudah melangkahkan satu kaki di semifinal setelah memastikan kemenangan 2-0 atas FC Porto dalam pertandingan leg pertama perempat final di Anfield Rabu (10/4/2019) dini hari.

Liverpool unggul lewat gol cepat Naby Keita pada menit ke-5 disusul gol kedua Roberto Firmino pada menit ke-26. Liverpool sangat kelihatan perkasa dalam pertandingan tersebut dengan menguasai jalannya permainan.

Dikutip dari LiveScore, penguasaan bola Liverpool 57 persen berbanding FC Porto 43 persen. Tembakan mengarah gawang 4 berbanding 3. Pelanggaran 8 berbanding 7 dan wasit mengeluarkan dua kartu kuning yang semuanya diberikan kepada pemain FC Porto.

Pelatih Liverpool Juergen Klopp menerapkan strategi menyerang sepanjang pertandingan. Sejak babak pertama semua gelandang dan penyerang dimaksimalkan untuk mengancam gawang Porto yang dijaga oleh Iker Cassilas.

Sementara FC Porto agak sedikit grogi karena menjalani pertandingan tandang. Praktis hanya tuan rumah yang asyik melakukan serangan. Berkali-kali Mohammed Salah melakukan ancaman dari luat maupun dalam kotak penalti lawan.

Liverpool Melangkahkan Satu Kaki di Semifinal

Ketika sedang asyik menyerang pun, Liverpool tidak lupa untuk bertahan. Bahkan Mohammed Salah mampu berperan sebagai bek ketika Porto melakukan serangan balik cepat. Hal ini membuat striker FC Porto Mousa Marega dan Tiquinho agak kesulitan.

Gelandang tengah Liverpool yang dimotori Jordan Henderson cukup solid. Sang kapten mampu menggalang pertahanan sekaligus mengirimkan umpan berbahaya ke dalam kotak penalti lawan. Wing-back kanan Alexander-Arnold pun sangat baik melakukan over-lap untuk mengirimkan umpan silang.

Sementara itu, FC Porto tidak hanya bertahan dan berdiam diri. Meskipun banyak tekanan di babak pertama, anak asuhan Sergio Conceicao ini mampu bangkit. Striker Mousa Marega berkali-kali merepotkan Virgil van Dijk.

Beberapa kali juga tembakan Marega mengarah ke gawang Alisson Becker namun terbaca dengan baik sehingga tidak terlalu mengancam pertahanan Liverpool.

Liverpool Melangkahkan Satu Kaki di Semifinal

Di babak kedua, peluang FC Porto lebih banyak tetapi usahanya belum membuahkan hasil. Penyelesaian akhir yang terburu-buru membuat tembakannya tidak fokus. Meskipun gagal mendulang poin namun cukup memberikan perlawanan dan merepotkan di Anfield.

Pertandingan leg kedua akan berlangsung pada Kamis 18 April 2019 mendatang. Liverpool boleh dikatakan sudah unggul dengan agregat 2-0 dan menjejakkan satu kaki di semifinal.

Tetapi Liga Champions adalah turnamen yang sulit ditebak. Berkaca pada laga-laga sebelumnya di putaran 16 besar antara Real Madrid vs Ajax Amsterdam, Atletico Madrid vs Juventus maupun laga Manchester United vs Paris Saint Germain.

Real Madrid pada leg pertama babak 16 besar sudah unggul 2-1 di kandang Ajax, tetapi pada leg kedua justru kalah 1-4 dan tersingkir di hadapan publik sendiri dengan agregat (3-5). Hal yang sama dialami oleh Atletico Madrid sudah unggul 2-0 melawan Juventus di kandang pada leg pertama, tetapi dibalikkan keadaannya menjadi 3-0 di markas Juventus pada leg kedua dengan agregat (2-3). 

MU vs PSG juga senada. PSG yang sudah unggul 2-0 di Old Trafford justru tersingkir pada pertandingan leg kedua di hadapan publik sendiri karena MU mampu membalikkan keadaan menjadi 1-3 dengan agregat (3-3) unggul gol tandang.

Oleh karena itu, Liverpool tetap harus waspada dengan FC Porto pada leg kedua. FC Porto pernah mengangkat trofi kuping besar pada musim 2003/2004 di bawah asuhan Jose Mourinho setelah mengalahkan Monaco.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper