PIALA DUNIA 2018: Kroasia vs Islandia, Preview, Head To Head, Prediksi

Kroasia akan menghadapi Islandia dalam pertandingan terakhir mereka di Grup D Piala Dunia pada Senin (25/6/2018) di Rostov Arena di Rostov-On-Don, Rusia. Hasil seri cukup mengantarkan mereka ke fase gugur.
Martin Sihombing | 25 Juni 2018 13:24 WIB
Kapten Timnas Kroasia Luka Modric - Reuters/Ivan Alvarado

Bisnis.com, GELENDZHIK, Rusia - Kroasia akan menghadapi Islandia dalam pertandingan terakhir mereka di Grup D Piala Dunia pada Senin (25/6/2018) di Rostov Arena di Rostov-On-Don, Rusia. Hasil seri cukup mengantarkan mereka ke fase gugur.

Sebaliknya, tidak ada kata kompromi,  kemenangan  Islandia melawan Kroasia harga mati jika mereka ingin meniru keberhasilan Euro 2016 mereka dengan membuatnya ke babak sistem gugur di Piala Dunia pertama mereka. Meskipun,  itu akan menjadi tatanan tinggi. melawan musuh yang sudah dikenal yang memimpin Grup D.

Kroasia, yang mengalahkan Argentina dengan kemenangan 3-0, sudah melalui dan akan memimpin grup dengan kemenangan atau hasil imbang melawan Islandia di Rostov Arena di Rostov-On-Don itu.

Setelah bermain imbang dengan Argentina dalam pertandingan pembuka mereka, Islandia kemudian kalah 2-0 dari Nigeria, yang berarti mereka harus mengalahkan Kroasia, sambil berharap Nigeria gagal mengalahkan Argentina, dan juga mendapatkan selisih gol yang lebih baik daripada Nigeria atau Argentina. Kemenangan Nigeria akan mengirim Islandia dan Argentina balik ke  rumah.

Islandia dan Kroasia sudah saling kenal dengan baik, yang menurut  pelatih Heimir Hallgrimsson mempersamakan pasangan itu dengan api tua karena jumlah pertemuan  mereka dalam beberapa tahun terakhir.

"Kami telah bermain melawan Kroasia empat kali dalam empat tahun, kami sering mengatakan kami seperti pasangan yang sudah menikah - kami berusaha bercerai, tetapi kami selalu bertemu lagi," kata pelatih Islandia itu dalam konferensi pers baru-baru ini. .

Hallgrimsson mengharapkan pertandingan yang sulit, tetapi tantangannya adalah untuk mendapatkan lebih banyak dari serangan a goal-shy  dalam sebuah tim yang telah meraih seri dua dan kalah empat dari enam pertandingan terakhirnya, sementara pemercik  kreatif Gylfi Sigurdsson masih berjuang dengan cedera lutut.

Gelandang Everton itu gagal mengeksekusi penalti melawan Nigeria, dan timnya harus melakukan lebih banyak untuk berbagi beban menyerang, khususnya dengan menjadi lebih efektif dalam mengatur bola.

Kroasia tidak memiliki masalah seperti itu, melaju ke kemenangan 2-0 atas Nigeria sebelum memukau runner-up Piala Dunia 2014 Argentina, dan sepak bola mereka, sepakbola menyerang mereka telah membuat mereka salah satu sisi paling menarik dalam kompetisi.

Playmaker Luka Modric telah mencetak dua kali dan menunjukkan beberapa bentuk terbaiknya saat Kroasia, yang berada di posisi ketiga di Piala Dunia 1998 di Prancis, melaju ke babak sistem gugur.

Andalan Islandia yang lebih tua seperti bek tengah Kari Arnasson akan tertarik untuk membalas kekalahan playoff yang membuat penduduk mereka kehilangan Piala Dunia 2014 di Brasil, dan mereka harus memanggil semangat mereka yang tidak pernah mati jika mereka berharap maju.

"Kami berada di depan mereka di grup (kualifikasi) kami dan kami sudah pernah mengalahkan mereka sekali di Islandia, jadi kami setidaknya memiliki kepercayaan diri dengan kami ketika kami memainkannya," kata Hallgrimsson.

FAKTA

Islandia menghadapi Kroasia di Grup Piala Dunia  Grup D pada  Selasa (26/6/2018).
    -Di mana: Rostov Arena
    -Kapasitas: 43,472
    -Kapan: Selasa, 26 Juni 2018
    Wasit: Akan diumumkan

 

Statistik kunci:
    * Kroasia akan memimpin grup jika mereka menang atau seri.
    * Islandia harus menang dan Argentina harus menghindari kekalahan dari Nigeria,  Islandia memiliki peluang lolos
    * Tiga kartu merah telah ditunjukkan dalam empat pertandingan terakhir antara kedua tim
    * Hasil terbaik Kroasia di Piala Dunia datang pada  1998 ketika mereka mencapai semifinal, kalah dari pemenang dan  tuan rumah  Prancis.
    * Kroasia telah memenangkan empat dari lima pertemuan mereka dengan lawan dari Eropa di Piala Dunia - kekalahan mereka hanya datang ke Prancis di semifinal Piala Dunia 1998
    * Debutan Piala Dunia terakhir yang  lolos dari tahap grup  adalah Slovakia pada  2010. Namun, mereka dipukuli oleh Belanda di babak 16 besar
    * Kroasia pernah sekali sebelum Piala Dunia  2018 menyimpan clean sheet di  Piala Dunia berturut-turut (pada 1998) tetapi tidak pernah berhasil di tiga piala dunia secara berturut-turut.
    
KLASEMEN GRUP

 

KROASIA 2 2 0 0 5 0 5 6
NIGERIA 2 1 0 1 2 2 0 3
ISLANDIA 2  0 1 1 1 3 -2 1
ARGENTINA 2 0 1 1 1 4 -3 1

 

Pertemuan sebelumnya:
Kedua tim selalu bertemu di kualifikasi Piala Dunia, Kroasia menang empat kali dan Islandia sekali,  sekali imbang.

Sumber : Reuters

Tag : piala dunia 2018
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top