PIALA DUNIA 2018: Spanyol vs Maroko: 3 Poin dan ke 16 Besar? Head To Head, Line Up, Preview

Tiga poin? Ya. Hanya kemenangan atas Maroko di pertandingan terakhir Grup B Piala Dunia 2018 pada Senin (25/6/2018) atau Selasa (26/6/2018) dini hari WIB yang akan memastikan 100% juara 2010 Spanyol ke babak 16.
Martin Sihombing | 25 Juni 2018 05:45 WIB
Striker Timnas Spanyol Diego Costa - Reuters/Sergio Perez

Bisnis.com, KALININGRAD, Rusia - Tiga poin? Ya. Hanya kemenangan atas Maroko di pertandingan terakhir Grup B Piala Dunia 2018 pada  Senin (25/6/2018) atau Selasa (26/6/2018) dini hari WIB yang akan memastikan 100%  juara 2010 Spanyol  ke babak 16.

Namun, menghadapi Maroko, yang sudah dipastikan tersingkir dan akan pulang usai pertandingan, bukan hal mudah bagi Spanyol. Maroko akan tampil tanpa beban dan menjaga harga diri bangsa. Mengalahkan Spanyol akan membayar duka dia dua pertandingan terdahulu.

Spanyol memasuki pertandingan grup terakhir mereka dengan empat poin, setara dengan Portugal, tetapi mereka harus bertarung untuk posisi teratas. Spanyol, dengan empat poin setelah bermain 3-3 dengan Portugal dan mengalahkan Iran 1-0, membutuhkan hasil imbang untuk menjamin  mereka ke babak 16,  tetapi akan mencari untuk menang dan melampaui Portugal, yang menghadapi Iran, sehingga  perbedaan gol akan memutuskan siapa selesai di bagian atas.

Tim

M

M

S

K

GM

GK

S

Poin

Portugal

2

1

1

0

4

3

1

4

Spanyol

2

1

1

0

4

3

1

4

Iran

2

1

0

1

1

1

0

3

Moroko

2

0

0

2

0

2

-2

0

Spanyol tidak yakin seperti apa tim Maroko yang akan dihadapi di Stadion Kaliningrad. "Selalu ketika kami bermain melawan tim yang tersingkir, kami tidak tahu apa yang akan mereka lakukan," kata pelatih Spanyol Fernando Hierro kepada wartawan, Minggu (24/6/2018).  "Kami tidak bisa masuk ke kepala pelatih, kami tidak tahu bagaimana mereka akan bermain besok, itu bisa menjadi kejutan besar dan kami tidak bisa menerima apa pun begitu saja."

Tanggal

Pertandingan

Skor

Kompetisi  

12 Nov 1961

Moroko v Spanyol

0-1

FIFA World Cup

23 Nov 1961

Spanyol v Moroko

3-2

FIFA World Cup

Spanyol pun pasti ingat. Pada 1961, FIFA World Cup Africa-Europe group (play-off kualifikasi) Piala Dunia 1962 di hadapan 26.000 penonton di Stadion Mohammed-V, Casablanca --leg pertama--  Spanyol yang diperkuat bintangnya saat itu Alfredo di Stefano, harus pulang dengan tangan tidak hampa. Mereka menang 0-1.

Begitu juga  kemudian, di leg kedua, di Santiago Bernabeu, Madrid, yang dipenuhi 26.490 penonton, Spanyol mampu menang 3-2.

"Kadang-kadang orang mungkin bersantai di pertandingan ketiga, tetapi kita tidak bisa rileks, kita harus sangat terjaga dan (memiliki) mata kita sangat terbuka. Kami sadar Maroko tidak akan memberikan apa pun."

"Jika Anda melihat pertandingan pertama mereka (melawan Iran), mereka kalah pada menit ke-95 lewat gol bunuh diri. Mereka memiliki pertandingan yang sangat bagus melawan Portugal, sehingga Anda berbicara tentang masalah sulit untuk dipecahkan," kata Hierro.

Meskipun, kemudian, pihak Maroko menjelaskan, mereka tidak akan tampil berbeda ketika melawan dua lawan terdahulu. "Sejauh yang kami khawatirkan kami akan bermain dengan cara yang sama kami bermain melawan Portugal dan Iran dan sebaik yang kami bisa," kata penjaga gawang Maroko Munir Mohamedi.

"Kami belum beruntung sehubungan dengan hasil akhir, tapi saya pikir kami pantas menerima hadiah ini dan memberikan beberapa sukacita kepada skuad dan semua orang yang mendukung kami."

"Bagi kami itu tidak adil kami sudah keluar sebelum pertandingan ketiga ini, tetapi kami harus menerima kenyataan dan berkonsentrasi pada pertandingan ketiga ini dan untuk menyelamatkan kehormatan kami karena ini semua yang tersisa bagi kami," kata Herve Renard.

FAKTA

  • Spanyol dan Maroko telah berhadapan  dua kali sebelumnya - play-off kualifikasi dua leg untuk Piala Dunia 1962, dengan Spanyol menang 1-0 pergi dan 3-2 di rumah.
  • Spanyol telah memenangkan tiga dari empat pertandingan Piala Dunia mereka melawan lawan-lawan Afrika (K-1), mencetak 11 gol dan tidak pernah kurang dari dua per pertandingan.
  • Maroko telah kehilangan hanya satu dari empat pertandingan babak penyisihan grup terakhir mereka (M2 S1), menang 3-0 melawan Skotlandia pada 1998 - Piala Dunia terbaru mereka.
  • Maroko  tersingkir dari Piala Dunia 2018; mereka sekarang telah tersingkir di babak penyisihan grup di empat dari lima pertandingan Piala Dunia mereka, hanya berkembang di turnamen 1986.
  • Maroko telah kehilangan empat dari enam pertandingan terakhir Piala Dunia mereka melawan musuh Eropa (M-1 S-1), kalah melawan Portugal paling baru (1-0 di MD2).
  • Jika mereka kalah dalam pertandingan ini, itu akan menjadi kedua kalinya Maroko kehilangan semua pertandingan grup Piala Dunia mereka dalam satu turnamen, setelah sebelumnya melakukannya pada 1994.
  • Spanyol telah selesai di puncak grup mereka di tiga dari empat turnamen Piala Dunia terakhir (sebelum 2018), satu-satunya pengecualian dalam lomba ini adalah pada  2014 ketika mereka berakhir di urutan ketiga.
  • Spanyol telah memenangkan pertandingan grup terakhir mereka di masing-masing dari delapan turnamen Piala Dunia terakhir, kecuali  1986.
  • Maroko telah melepaskan tembakan lebih banyak dari lawan mereka di masing-masing dari enam kekalahan Piala Dunia terakhir mereka (v Portugal dan Iran pada 2018; Brasil pada 1998; Belanda, Arab Saudi, dan Belgia pada 1994).
  • Striker Diego Costa telah mencetak sembilan gol dalam sembilan pertandingan terakhirnya untuk Spanyol. (thesun.co.uk)

Prediksi Susunan Pemain

Spanyol:  De Gea; Carvajal, Pique, Ramos, Jordi Alba; Silva, Busquets, Iniesta, Isco; Asensio, Costa

Moroko: El Kajoui; Dirar, Benatia, Da Costa, Hakimi; El Ahmadi, Boussoufa; N.Amrabat, Belhanda, Ziyach; El Kaabi

Sumber : Reuters

Tag : piala dunia 2018
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top