PIALA DUNIA 2018: Osaka Diguncang Gempa, Pelatih Jepang Cemaskan Psikis Pemain

Pelatih Jepang Akira Nishino mencemaskan kondisi psikis anak asuhnya menyusul adanya gempa 6,1 SR yang melanda Osaka, Jepang, Senin (18/6/2018).
Ilham Budhiman | 19 Juni 2018 12:50 WIB
Timnas Jepang - Reuters/Toru Hanai

Bisnis.com, JAKARTA -- Pelatih Jepang Akira Nishino mencemaskan kondisi psikis anak asuhnya menyusul adanya gempa 6,1 SR yang melanda Osaka, Jepang, Senin (18/6/2018).

Berita tentang gempa tersebut menimbulkan kekhawatiran kepada seluruh pemain Jepang jelang laga perdana Grup H Piala Dunia 2018 melawan Kolombia di Mordovia Arena, Rusia, Selasa (19/6). Menurut Pemerintah Jepang, tercatat 4 orang meninggal dan ratusan lainnya terluka akibat peristiwa itu.

"Ada pemain yang sedikit terkejut dengan kejadian ini dan mereka khawatir tentang kerabat dan anggota keluarganya," kata Nishino seperti dilansir Reuters, Selasa (19/6).

Meski khawatir terhadap dampak psikologis tersebut, dia berharap para pemain akan tenang setelah mereka berkonsultasi dengan tim. 

Nishino, yang menggantikan pelatih sebelumnya Vahid Halilhodzic, mengaku kondisi tersebut bisa berdampak pada permainan Jepang di pertandingan perdana.

Kendati demikian, dia tetap percaya anak asuhnya akan tampil maksimal dan berharap hasil positif dapat diraih. Apalagi, Jepang memiliki pemain andalan seperti Yuto Nagatomo, Shinji Okazaki, dan kapten Makoto Hasebe.

Nishino yang baru menjabat sebagai pelatih selama sebulan sebenarnya tidak memiliki banyak waktu untuk menyempurnakan komposisi pemain. Sementara itu, pelatih lawan mainnya, Jose Pekerman, telah bertugas selama enam tahun.

Perbedaan yang sangat besar itu diakui dapat mempengaruhi hasil permainan. 

“Namun, bersama dengan para pemain saya telah mempersiapkan mereka sebanyak mungkin. Itu mungkin tidak 120%, tapi saya merasa bahwa kami sudah cukup siap,” ujarnya.

Nishino mengungkapkan akan menerapkan strategi menyerang dan mencoba mengantisipasi pergerakan pemain andalan Kolombia, James Rodriguez.

Sumber : Reuters

Tag : piala dunia 2018
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top