Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tanpa Klub, Adebayor Tetap Pimpin Togo di Piala Afrika

Emmanuel Adebayor kembali ke panggung sepak bola besar untuk pertama kali sejak kontrak dengan Crystal Palace berakhir untuk memimpin Togo di Piala Afrika.
Emmanuel Adebayor/Reuters
Emmanuel Adebayor/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Emmanuel Adebayor kembali ke panggung sepak bola besar untuk pertama kali sejak kontraknya dengan Crystal Palace berakhir musim lalu untuk memimpin negaranya dalam laga Piala Afrika melawan juara bertahan Pantai Gading pada Senin (16/1/2017) mulai pok. 23:00 WIB.

Adebayor kini tidak memiliki klub, tetapi dipercaya menjadi kapten Timnas Togo. Togo vs Pantai Gading adalah pertandingan pembuka Grup C di stadion baru di Oyem, Gabon.

Stadion ini dibuka pekan lalu, namun para pekerjanya masih berada di stadion untuk menyelesaikan sentuhan terakhir.

Adebayor mungkin kaku karena lama tidak bermain sepak bola, namun pelatih Togo Claude Le Roy berharap dia menciptakan dampak besar kepada tim.

"Dia pemain luar biasa, punya status dalam pertandingan ini dan kunci kami," kata pelatih asal Prancis itu.

Adebayor memulai karier profesionalnya bersama klub Prancis Metz pada 2001. Selain Metz dan Palace, striker berusia 32 tahun itu pernah memperkuat sejumlah besar di antaranya Real Madrid, Arsenal, Tottenham Hotspur, AS Monaco.

Bersama Timnas Togo dia mempunyai 66 caps dengan mengontribusi 31 gol sejak debutnya sejak 16 tahun lalu.

Togo lolos ke putaran final Piala Afrika sebanyak tujuh kali, pertama pada 1972 di Kamerun. Prestasi tertinggi Togo di ajang ini ialah perempat final edisi 2013 di Afrika Selatan.

Timnas Togo menghadapi Pantai Gading yang bertabur bintang dan diperkuat Wilfried Zaha, namun tanpa Yaya Toure yang pensiun dari timnas dan Gervinho yang cedera.

Setelah Togo melawan Pantai Gading, ada pertandingan Maroko melawan Kongo yang menempati peringkat ketiga pada Piala Afrika 2 tahun lalu.

Maroko dilatih oleh Herve Renard, juga berkebangsaan Prancis, yang pernah membawa Pantai Gading menjuarai Piala Afrika edisi 2015 dan Zambia juara edisi 2012.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper