Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lukas Podolski Pensiun dari Timnas Jerman

Lukas Podolski, pemain berdarah asli Polandia yang ikut mengantar Jerman menjuarai Piala Dunia 2014 di Brasil, mengundurkan diri dari timnas berjuluk Der Panzer.
Lukas Podolski dalam balutan jersey Timnas Jerman/Reuters-Kai Pfaffenbach
Lukas Podolski dalam balutan jersey Timnas Jerman/Reuters-Kai Pfaffenbach

Bisnis.com, JAKARTA - Lukas Podolski, pemain berdarah asli Polandia yang ikut mengantar Jerman menjuarai Piala Dunia 2014 di Brasil, mengundurkan diri dari timnas sekaligus mengakhiri karier gemilang bersama Der Panzer selama 12 tahun.

Podolski pensiun dengan status pemain peringkat ketiga terbanyak yang pernah membela Timnas Jerman dengan caps 129 pertandingan—di belakang Lothar Matthaeus dan Miroslav Klose—dengan catatan 48 gol.

"Semua memiliki masanya, dan masa saya dengan DFB (Federasi Sepak Bola Jerman) telah usai," kata Podolski dalam pernyataan di akun Instagramnya pada Senin (15/8/2016).

Pemain berusia 31 tahun tersebut mengemukakan telah menginformasikan keputusannya kepada pelatih Timnas Jerman Joachim Loew.

"Saya mendedikasikan diri saya sendiri kepada lebih banyak hal, terutama kepada keluarga saya," paparnya. Timnas selalu ada di hati saya, namun saya rasa setelah Piala Eropa dan liburan fokus saya telah bergeser," paparnya.

Podolski, yang saat ini bermain untuk klub Turki Galatasaray, merupakan cadangan yang tidak terpakai dalam laga final Piala Dunia 2014 ketika Jerman menang 1-0 atas Argentina melalui perpanjangan waktu untuk meraih gelar juara dunia keempat setelah 1954, 1974, dan 1990.

Dia tampil satu kali sebagai pemain pengganti pada turnamen utama ketujuhnya ketika Jerman mencapai semifinal pada Piala Eropa (Euro) 2016, di mana mereka disingkirkan tuan rumah Prancis.

Podolski melakukan debut di Timnas Jerman sebagai pemain muda pada 2004 meski diminati oleh Polandia, negara kelahirannya, dan terpilih sebagai pemain muda terbaik pada Piala Dunia 2006 yang dimainkan di kandang sendiri.

"Dari anak-anak Polandia berusia 2 tahun yang datang ke Jerman dengan bola di tangannya menuju juara dunia. Itu lebih banyak dari apa yang pernah saya impikan. Selama 12 tahun, 129 pertandingan. Ini luar biasa! Ini hebat! Merupakan kehormatan untuk menjadi bagian dari Jerman," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper