Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Francisco Arce Kembali Melatih Timnas Paraguay

Asosiasi Sepak Bola Paraguay (Asociacin Paraguaya de Futbol/APF) kembali memberi kesempatan kepada Francisco Arce untuk menukangi timnas negara Amerika Selatan tersebut.
Francisco Arce/Reuters-Jorge Adorno
Francisco Arce/Reuters-Jorge Adorno

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Sepak Bola Paraguay (Asociación Paraguaya de Futbol/APF) kembali memberi kesempatan kepada Francisco Arce untuk menukangi timnas negara Amerika Selatan tersebut.

Ini kesempatan kedua bagi mantan bek kanan Timnas Paraguay tersebut setelah dia juga pernah melatih timnas negaranya pada 2011-2012, namun gagal meloloskannya ke putaran final Piala Dunia 2014 di Brasil.

"Francisco Arce, pelatih baru Timnas Paraguay, selamat datang Chiqui (panggilan akrabnya),” demikian pengumuman di akun Twitter resmi tim berjuluk Los Guaranies pada Rabu (3/8/2016).

Arce menggantikan Ramon Diaz, pelatih yang merupakan mantan pemain Timnas Argentina, yang mengundurkan diri pada Juni lalu setelah Paraguay kandas di fase grup di ajang Copa America Centenario di Amerika Serikat.

Sebagai pemain, Francisco Javier Arce Rolon, begitu nama lengkapnya, memiliki 61 caps untuk negaranya dengan mengontribusi lima gol. Dia pernah merumput bersama Cerro Portenon, Libertad, dan 12 de Octubre (Paraguay), Gremio dan Palmeiras (Brasil), dan Gamba Osaka (Jepang).

Sebagai pelatih, dia pernah menangani empat klub peserta liga utama Paraguay yaitu Rubio Nu, Cerro Porteno, Olimpia, dan terakhir Guarani.

Kini Arce, 45 tahun, yang membela Timnas Paraguay di Piala Dunia 1998 dan 2002, dibebani target meloloskan anak asuhnya ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia.

Paraguay tengah terpuruk dalam klasemen sementara Pra-Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan setelah 10 kontestan memainkan masing-masing enam pertandingan. Paraguay kini menempati peringkat ketujuh.

Mereka akan meneruskan perjuangannya ke Rusia dalam matchday ketujuh dan kedelapan pada awal September 2016. Paraguay akan menjamu Chile dan kemudian bertandang ke Uruguay.

Dari 10 tim di Amerika Selatan, hanya empat teratas yang lolos langsung ke Rusia, sedangkan peringkat kelima berebut satu tiket di play off antarkontinen melawan peringkat teratas Pra-Piala Dunia zona Oseania yang kemungkinan besar Selandia Baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper