Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi Polandia Vs Portugal, Kabar Tim, Hingga Lawan di Semifinal

Prediksi Polandia Vs Portugal, Kabar Tim, Hingga Lawan di Semifinal
Cristiano Ronaldo dalam balutan jersey Timnas Portugal/Reuters-Rafael Marchante
Cristiano Ronaldo dalam balutan jersey Timnas Portugal/Reuters-Rafael Marchante

Bisnis.com, JAKARTA - Polandia memiliki catatan pertahanan yang menawan selama Euro 2016 namun perjalanan mereka menuju semifinal bakal menghadapi ujian terberat dari salah satu atlet terbesar di dunia, Cristiano Ronaldo.

Duo bek tengah nan tangguh Polandia --Michal Pazdan dan Kamil Glik-- bakal menghadapi tantangan paling sulitnya Jumat dini hari WIB nanti di Marseille pada laga perempatfinal melawan Portugal, kala menghadapi cobaan berat dari bintang Real Madrid ini.

Melukiskan pemain Portugal berusia 29 tahun itu sebagai atlet yang sempurna, majalah kesehatan Amerika Serikat Men's Health menuliskan kecepatan berlarinya yang mencapai 32 km per jam, melompat ke udara hampir setinggi meter, menjelajahi lapangan dengan berlari rata-tata 16 km per pertandingan dan memenangkan perebutan bola pada 20 menit terakhir dengan jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan pemain mana pun.

Ronaldo adalah satu-satunya pemain yang mencetak gol pada empat Piala Eropa sejak edisi 2004. Dia memang terlihat kesulitan menciptakan gol pada laga-laga awalnya, namun dia kini terlihat telah kembali ke penampilan terbaiknya.

Ronaldo menciptakan dua gol saat pertandingan fase grup terakhir Portugal melawan Hungaria, lewat tumit dan sundulan, selain mengaransemen satu gol lainnya yang diciptakan Ricardo Quaresma saat melawan Kroasia pada 16 Besar.

Sebaliknya Polandia adalah tim yang jago menahan tembakan lawan dengan hanya kemasukkan tiga gol sepanjang tahun ini dan satu gol pada Euro 2016 oleh gol unik pemain Swiss Xherdan Shaqiri pada 16 Besar yang berakhir dengan adu tendangan penalti. Hanya Jerman yang tidak pernah kebobolan pada Euro 2016.

Kini Polandia harus bersiap menghadapi kecepatan, kekuatan dan sundulan maut Ronaldo.  Sebelum ini Polandia berhasil menjinakkan Jerman yang diperkuat si lincah Mario Goetze dan ternyata tidak mengalami gangguan berarti dari Jerman. Demikian pula kala melawan Irlandia Utara dan Ukraina, serta Swiss.

Kini barisan pertahanan Polandia dituntut tampil lebih sempurna lagi jika ingin berpeluang maju karena mereka tidak banyak pilihan di depan. Mereka hanya mencetak dua gol atau paling sedikit di antara tim-tim delapan besar, bahkan Robert Lewandowski yang memimpin daftar pencetak gol terbanyak selama kualifikasi Euro 2016 dengan 13 gol pun hanya bisa menciptakan dua peluang menyasar target, dan itu pun pada dua pertandingan terakhir.

Mungkin hanya gelandang kiri Kamil Grosicki yang memesankan bahaya besar untuk barisan pertahanan Portugal yang digalang para pemain tua pimpinan Pepe yang berusia 33 tahun. Sebaliknya, pelatih Polandia Adam Nawalka memahami sekali faktor Ronaldo menyiratkan teka teki teknis, apakah akan menekan demi memutus serangan balik Portugal atau malah menunggu diserang dan terbuai oleh keditjayaan Ronaldo.

Di mana laga ini dimainkan

Pertandingan ini kickoff Kamis 30 Juni pukul 20.00 waktu setempat atau Jumat 1 Juli pukul 02.00 WIB di Stade Velodrome, Marseille.

Bagaimana kedua tim lolos ke perempatfinal

Polandia finis urutan kedua Grup C tanpa kemasukkan satu pun gol dan mengalahkan Swiss pada 16 Besar lewat adu penalti, sedangkan Portugal lolos ke babak knockout kendati tidak sekalipun menang pada fase grup.

Portugal sepertinya menunggu adu penalti saat melawan Kroasia pada 16 Besar namun gol pada babak tambahan dari Ricardo Quaresma akhirnya mengurungkan mereka dari adu penalti dengan sebaliknya lolos ke perempatfinal.

Siapa yang akan dihadapi pemenang laga ini pada semifinal nanti

Yang memenangkan laga ini akan ditantang Wales atau Belgia pada semifinal. Ini jelas jalan yang relatif lebih mudah menuju final, mengingat pada jalur semifinal lainnya, tuan rumah Prancis, juara dunia Jerman, Italia dan si kecil-kecil cabe rawit Islandia memperebutkan dua tempat ke semifinal untuk kemudian saling berhadapan di antara mereka.

Kabar tim

Portugal mendapatkan suntikan semangat dari kembali bermainnnya Andre Gomes dan Raphael Guerreiro yang kembali berlatih Rabu lalu setelah dua hari tidak berlatih. Bek Guerreiro dan gelandang Gomes menjadi starter saat Portugal menang 1-0 atas Kroasia pada 16 Besar, namun keduanya menghadapi masalah otot. Kini pelatih Portugal Fernando Santos menandaskan seluruh anggota skuad siap diturunkan untuk melawan Polandia dini hari nanti.
Dari sisi Polandia, Bartosz Kapustka sudah siap kembali bermain setelah terkena larangan bermain, namun Wojciech Szczesny masih harus menepi karena cedera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper