Hasil Euro 2016: Seri 1-1 Swiss 99 Persen Lolos, Rumania Terancam Tersingkir

Rumania terancam tersingkir dari perhelatan Piala Eropa (Euro) 2016 akibat hanya bisa bermain imbang melawan Swiss dengan skor 1-1.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 16 Juni 2016  |  01:00 WIB
Hasil Euro 2016: Seri 1-1 Swiss 99 Persen Lolos, Rumania Terancam Tersingkir
Pemain Swiss Admir Mehmedi (kedua kanan bawah) melepas tendangan yang menjebol gawang Rumania - Reuters/Charles Platiau

Bisnis.com, JAKARTA - Swiss di ambang lolos ke 16 besar setidaknya dengan status salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik setelah imbang 1-1 melawan Rumania dalam matchday kedua Grup A Piala Eropa (Euro) 2016 di Prancis.

Sebaliknya, hasil pertandingan di Stadion Parc des Princes di Paris, Prancis, pada Kamis dini hari WIB (16/6/2016) tersebut membuat Rumania terancam tersingkir.

Rumania harus mengalahkan Albania dalam pertandingan terakhir fase grup untuk melaju ke 16 besar dan kemungkinan terbesar ialah dengan status sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik, itu pun harus lebih dulu menunggu hasil pertandingan yang menentukan peringkat ketiga di lima grup lain

Dalam pertandingan yang dipimpin wasit asal Rusia Sergey Karasev, Rumania unggul lebih dulu melalui eksekusi penalti Bogdan Stancu pada menit ke-18. Penalti ditetapkan karena bek sekaligus kapten Swiss Stephan Lichtsteiner melanggar pemain Rumania Alexandru Chipciu di dalam kotak terlarang.

Ini merupakan gol kedua Stancu dalam turnamen ini yang semuanya merupakan eksekusi penalti. Gol penalti pertamanya terjadi ketika Rumania kalah 1-2 dari tuan rumah Prancis.

Swiss baru mampu menghasilkan gol balasan pada menit ke-57 lewat kontribusi Admir Mehmedi dengan memaksimalkan assist Johan Djourou.

Sebagaimana tayangan langsung RCTI, Swiss lebih mendominasi jalannya pertandingan dengan penguasaan bola mencapai sekitar 62 persen berbanding hanya 39 persen milik Rumania.

Hasil itu menunda kepastian Swiss lolos ke 16 besar, namun peluang ke fase knock itu tetap besar. Hasil seri saja melawan Prancis di matchday ketiga cukup meloloskan anak asuh pelatih Vladimir Petkovic itu ke babak perdelapan final.

Lain halnya bagi Rumania, hanya bisa seri di matchday kedua membuat posisi mereka rentan kandas di fase grup akibat dalam pertandingan pertama menelan kekalahan dengan skor 1-2 dari Prancis.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Piala Eropa 2016, euro 2016, Timnas Swiss, Timnas Rumania

Editor : M. Syahran W. Lubis
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top