Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BOPI: Promotor ISC Harus Koordinasi dengan Tim Transisi

BOPI meminta promotor ISC berkoordinasi dengan Tim Transisi utuk mendapat rekomendasi penyelenggaraan kompetisi.
Sekjen BOPI Heru Nugroho/Antara-Widodo S. Jusuf
Sekjen BOPI Heru Nugroho/Antara-Widodo S. Jusuf

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) meminta PT Gelora Trisula Semesta (GTS) selaku promotor kompetisi Indonesia Soccer Championship (ISC) berkoordinasi dengan Tim Transisi untuk mendapat rekomendasi pelaksanaan kompetisi yang rencananya digulirkan mulai 15 April.

"Koordinasi dengan Tim Transisi harus dilakukan sebelum kami memberi rekomendasi. Yang jelas surat permohonan dari PT GTS sudah kami balas dan dikirimkan hari ini," kata Sekjen BOPI Heru Nugroho di Jakarta pada Rabu (30/3/2016).

Menurut dia, secara umum pihaknya siap mengeluarkan rekomendasi untuk digulirnya kompetisi yang akan diikuti oleh klub yang sebelumnya mengisi kompetisi tertinggi di Tanah Air yaitu Indonesia Super League (ISL). Hanya saja, semuanya harus sesuai dengan aturan.

Dalam surat balasan yang dikeluarkan BOPI dengan nomor 027/BOPI/KU/III/2016, PT GTS selalu promotor ISC harus melakukan komunikasi dengan Tim Transisi terkait dengan regulasi untuk penyelenggaraan kompetisi di antaranya standar kualifikasi peserta tingkat profesional terutama kelayakan dalam aspek sepak bola.

Selain itu, terkait dengan administrasi kompetisi dan pertandingan, ketentuan umum dan teknis terkait penyelenggaraan kompetisi hingga ketentuan dan perijinan terhadap personel tim mulai dari pemain hingga team official setiap klub peserta ISC A.

"Jika sudah ada rekomendasi dari Tim Transisi, BOPI segera melakukan verifikasi. Yang jelas, hingga kini belum ada perubahan mekanisme pemberian rekomendasi kecuali pemerintah mengeluarkan instruksi baru tanpa melalui Tim Transisi," kata Heru.

ISC merupakan terobosan yang dilakukan promotor yang merupakan reinkarnasi PT Liga Indonesia setelah kompetisi yang digelar sebelumnya yaitu ISL vakum setelah Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dibekukan Menpora Imam Nahrawi.

ISC terbagi atas dalam dua grup yaitu A untuk klub ISL dan B untuk klub Divisi Utama. Sesuai dengan ketentuan awal, kompetisi yang akan dibuka dengan pertandingan antara Persipura melawan Sriwijaya FC di Jayapura, Papua, 16 April ini tidak menggunakan sistem promosi dan degradasi.

Meskipun belum mendapatkan rekomendasi, persiapan untuk untuk menghadapi ISC sudah berjalan. Bahkan promotor telah melakukan sosialisasi kompetisi termasuk pendaftaran pemain dengan sistem online. Selain itu pembentukan tim juga mulai dilakukan oleh calon peserta.

Seperti yang dilakukan oleh tim asal ibu kota yaitu Persija Jakarta. Untuk menghadapi ISC, tim yang berjuluk Macan Kemayoran itu menggaet pelatih asal Brasil, Paulo Camargo. Begitu juga dengan Persib Bandung yang saat ini terus mengejar pemain bidikan seperti Robertino Pugliara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper