Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SKANDAL KORUPSI FIFA: Blatter & Platini Terancam Dibebastugaskan

Presiden FIFA Sepp Blatter dan Presiden UEFA Michel Platini tengah diselidiki komite etik independen FIFA dan terancam dibebastugaskan.
Sepp Blatter (kanan) dan Michel Platini/Reuters-Darren Staples
Sepp Blatter (kanan) dan Michel Platini/Reuters-Darren Staples

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Federation Internationale de Football Association (FIFA) Sepp Blatter dan Presiden Union of European Football Association (UEFA) Michel Platini tengah diselidiki komite etik independen FIFA dan terancam dibebastugaskan, demikian dilaporkan sejumlah media.

Mingguan Swiss Schweiz am Sonntag melaporkan mereka memiliki informasi yang menunjukkan kedua orang terkuat dalam sepak bola dunia itu berada di bawah pengawasan komite etik dan segera dibebastugaskan.

Juru bicara komite etik Andreas Bantel enggan mengomentari hal itu secara spesifik. Dia hanya mengatakan, "Jika ada kecurigaan awal, bagian penyelidikan menginisiasi sebuah prosedur resmi."

Dia juga menyatakan bahwa aturan diterapkan kepada semua orang dalam sepak bola, tak peduli posisi atau namanya.

Media massa Inggris juga melaporkan bahwa komite etik FIFA telah membuka penyelidikan kepada Blatter yang sekarang berusia 79 tahun dan Platini, 60 tahun, yang merupakan bekas sekutu Blatter, tetapi mencalonkan diri sebagai pengganti Blatter yang pemilihannya digelar akhir Februari 2016.

Skandal korupsi gila-gilan yang menerjang sepak bola dunia sejak Mei lalu telah mengarah ke puncak badan sepak bola dunia ketika pihak berwenang Swiss menyatakan Blatter berada di bawah investigasi kriminal.

Platini yang kemudian berkembang menjadi favorit pengganti Blatter tengah diselidiki atas pembiayaan sebesar 2 juta dolar AS. Jika dibebastugaskan, Platini bisa dilarang mengikuti pemilihan Presiden FIFA.

Sudah berbulan-bulan lamanya penyelidikan berlangsung menyusul penggerebekan di Zurich, Swiss, pada 27 Mei yang mengantarkan 14 lebih pejabat sepak bola dan pemasaran olah raga ditahan.

Jaksa Swiss menyatakan Blatter diselidiki untuk perkara penjualan hak siar Piala Dunia sekitar 2005 kepada Caribbean Football Union yang dijalankan mantan sekutunya Jack Warner, dan ternyata kesepakatan ini merugikan FIFA.

Blatter dituding mengeluarkan pembayaran 2 juta dolar AS kepada Platini pada Februari 2011 untuk tugas pria Prancis itu untuk FIFA antara 1999 dan 2002.

Swiss menyatakan Blatter telah ditanyai sebagai tersangka. Pangeran Ali bin al Hussein, calon lain pengganti Blatter, mengungkapkan kecurigaan adanya miskelola kriminal oleh para petinggi puncak FIFA menggambarkan bahwa FIFA perlu kepemimpinan baru yang bisa merestorasi kredibilitasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/AFP
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper