Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HASIL KUALIFIKASI EURO 2016: Austria Menyusul Lolos ke Prancis

Austria menjadi tim keempat yang lolos ke putaran final Piala Eropa (Euro) 2016 setelah menundukkan tuan rumah Swedia dengan skor telak 4-1 dalam matchday kedelapan Grup G di Stadion Friends Arena di Kota Solna pada Rabu pagi WIB (9/9/2015).
Pelatih Timnas Austria Marcel Koller/Reuters
Pelatih Timnas Austria Marcel Koller/Reuters

Bisnis,.com, JAKARTA - Austria menjadi tim keempat yang lolos ke putaran final Piala Eropa (Euro) 2016 setelah menundukkan tuan rumah Swedia dengan skor telak 4-1 dalam matchday kedelapan Grup G di Stadion Friends Arena di Kota Solna pada Rabu pagi WIB (9/9/2015).

Sebelumnya telah tiga tim yang lolos ke putaran final Euro 2016 yaitu Inggris dari Grup E serta Eslandia dan Republik Ceska dari Grup A.

Dalam laga Swedia versus Austria, mental tuan rumah langsung rontoh ketika pertandingan baru memasuki menit ke-9 sudah kena hukuman penalti yang dieksekusi dengan sempurna oleh David Alaba untuk mengubah skor menjadi 0-1 untuk keunggulan tim tamu.

Austria menggandakan gol pada menit ke-38 melalui kontribusi Martin Harnik dengan memaksimalkan assist Marc Janko untuk mengubah skor menjadi 0-2 untuk skuat besutan pelatih asal Swiss Marcel Koller yang bertahan gingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, pada menit 76, giliran David Alaba yang menjadi pemberi assist untuk Janko mencetak gol ketiga tim tamu, skor 0-3. Harnik akhirnya mencetak gol keduanya dalam pertandingan yang dipimpin wasit Carlos Velasco Carballo dari Spanyol pada menit ke-88.

Tuan rumah hanya bisa mendapatkan sebiji gol hiburan melalui bomber yang sehari-hari merumput bersama klub juara Prancis Paris Saint-Germain, Zlatan Ibrahimovic, ketika pertandingan telah memasuki inury time.

Dengan koleksi nilai 22, Austria bukan sekadar lolos ke putaran final Euro 2016 yang digeber di Prancis pada 10 Juni hingga 10 Juli tahun depan, tetapi juga memastikan sebagai juara Grup G. Dengan setiap tim menyisakan dua laga, angka Austria tak bisa lagi dikejar oleh peringkat kedua Rusia.

Rusia sendiri memetik tambahan 3 angka setelah menghabisi tuan rumah Liechtenstein dengan skor telak 7-0 dalam pertandingan yang digelar pada saat bersamaan di Stadion Rheinpark di Vaduz, ibu kota Liechtenstein, negeri mungil di Pegunungan Alpen.

Dalam laga yang dipimpin wasit Bobby Madden dari Skotlandia, striker klub Zenit St. Petersburg Artyom Dzyuba mencetak quattrick alias 4 gol pada menit ke-21, 45, 73, dan 90. Tiga gol lainnya disarangkan Aleksandr Kokorin lewat penalti pada menit 40, Fyofor Smolov (77’), dan Alan Dzagoev (85’).

Kemenangan itu menaikkan posisi Rusia ke peringkat kedua menggeser Swedia. Bagi Swedia, posisinya yang kini di slot ketiga terancam melorot lagi ke posisi keempat dan berpotensi melepas kemungkinan meraih tiket lewat play off, setelah dalam laga lainnya Montenegro menang 2-0 atas Moldova.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Zimbru di Kota Chisinau, Moldova, kedua gol kemenangan tim tamu dicetak oleh Stefan Safic ketika baru memasuki menit ke-9 dan bunuh diri pemain tuan rumah Petru Racu hanya 5 menit menjelang laga usai.

Dengan hasil ketiga pertandingan tersebut, Austria ada di posisi nomor satu susunan klasemen dengan nilai 22, diikuti Rusia 14, Swedia 12, Montenegro 11, Liechtenstein 5, dan Moldova 2.

Kualifikasi Euro 2016 dibagi menjadi sembilan grup. Dari setiap grup, hanya dua tim teratas yang langsung lolos ke Prancis bersama satu tim peringkat tiga terbaik, sedangkan delapan tim peringkat tiga lainnya harus berebut empat tiket tersisa lewat jalur play off dua leg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper