Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PEMILIHAN PRESIDEN FIFA: Platini Peroleh Dukungan Penting dari Asia

Kandidat Presiden Federation Internationale de Football Association (FIFA) Michel Platini mendapatkan dukungan penting dari Presiden Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) Sheikh Salman bin Ibrahim Al Khalifa dari Bahrain.
Michel Platini/Reuters-Leonhard Foeger
Michel Platini/Reuters-Leonhard Foeger

Bisnis.com, JAKARTA - Kandidat Presiden Federation Internationale de Football Association (FIFA) Michel Platini mendapatkan dukungan penting dari Presiden Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) Sheikh Salman bin Ibrahim Al Khalifa dari Bahrain.

Sheikh Salman dalam pernyataan dukungan kepada Platini yang tengah menjabat sebagai Presiden Union of European Football Associations (UEFA) mengatakan FIFA memerlukan kepemimpinan dengan pengalaman, kebijakan, dan kemampuan untuk membawa kembali FIFA menuju stabilitas.

“Tuan Platini menawarkan karakteristik seperti itu dan memiliki visi yang ambisius untuk memperbarui kepercayaan dalam organisasi," ungkapnya.

Kabar itu penting bagi Platini yang mendapat lawan pencalonan dari Asia, satu yang sudah pasti maju yakni mantan wakil presiden FIFA dari Korea Selatan Chung Mong-joon dan yang kedua sedang dalam status kemungkinan yaitu Pangeran Ali bin Al Hussein yang kini masih berada dalam posisi sebagai salah satu wakil presiden FIFA dan kalah dari Sepp Blatter dalam pemilihan presiden FIFA Mei lalu.

Pemilihan presiden FIFA yang baru untuk menggantikan Sepp Blatter akan digelar melalui Kongres Luar Biasa badan sepak bola internasional tersebut di Zurich, Swiss, pada 26 Februari tahun depan.

Blatter, yang berada dalam arus deras sorotan atas skandal suap dan korupsi di dalam organisasi yang dipimpinnya, telah memastikan tidak meneruskan jabatannya dan kini dia sekadar membawa FIFA menuju ke arah yang lebih stabil.

Beberapa kandidat presiden FIFA lainnya yakni mantan pemain legendaris Brasil Arthur Antunes Coimbra atau yang lebih dikenal sebagai Zico, pebisnis dan politikus Afrika Selatan Tokyo Sexwale, Presiden Asosiasi Sepak Bola Liberia Musa Bility, serta mantan gelandang Timnas Trinidad-Tobago David Nakhid.

Menyambut sokongan dari Sheikh Salman, juru bicara tim kampanye Platini mengemukakan bahwa hal itu menggambarkan Presiden UEFA adalah calon global yang yang terbukti mampu menggalang dukungan dari luar Eropa serta di dalamnya.

Setiap kandidat harus mendapatkan dukungan dari sedikitnya lima asosiasi sepak bola negara anggota FIFA agar bisa meneruskan ke tahap pemeriksaan integritas.

Presiden UEFA Michel Platini adalah mantan pemain bintang Timnas Prancis dan membawa negaranya juara Piala Eropa 1984 saat menjadi tuan rumah. Bersama timnasnya, Platini juga menggapai peringkat keempat dalam Piala Dunia 1982 di Spanyol dan peringkat ketiga pada Piala Dunia 1986 di Meksiko.

Di level klub, Platini, yang kini berusia 60 tahun, menjadi pemain kunci saat Nancy menjuarai Piala Prancis pada 1978, bersama Saint-Etienne menjuarai Ligue 1 Prancis pada 1981, serta sederetan gelar bersama Juventus di antaranya juara Piala (kini Liga) Champions 1985, Cup Winners’ Cup 1984, Piala Super Eropa 1984, Intercontinental Cup 1985, Serie A 1984 dan 1986, serta juara Coppa Italia 1983.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper