Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

GOLD CUP 2015: Guardado, Guzan, Dempsey Jadi yang Terbaik

Kapten Timnas Meksiko Jose Andres Guardado terpilih sebagai pemain terbaik dan meraih penghargaan Golden Ball (Bola Emas) dalam turnamen Gold Cup (Piala Emas) 2015 di mana negara tersebut berhasil menjadi juara setelah menang dengan skor 3-1 atas Jamaika dalam laga final.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 27 Juli 2015  |  14:45 WIB
GOLD CUP 2015: Guardado, Guzan, Dempsey Jadi yang Terbaik
Jose Andres Guardado dengan trofi Gold Cup 2015 - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Kapten Timnas Meksiko Jose Andres Guardado terpilih sebagai pemain terbaik dan meraih penghargaan Golden Ball (Bola Emas) dalam turnamen Gold Cup (Piala Emas) 2015 di mana negara tersebut berhasil menjadi juara setelah menang dengan skor 3-1 atas Jamaika dalam laga final.

Gelandang Meksiko yang sehari-hari merumput bersama juara Eredivisie Belanda PSV Eindhoven itu mencetak gol pembuka yang luar biasa dengan melewati beberapa pemain Jamaika dan mengakhirinya dengan tendangan keras dalam partai puncak.

Secara keseluruhan Guardado mencetak 6 gol, tiga di antaranya dari titik penalti dan dua dari tiga gol penalti itu berawal dari keputusan kontroversial wasit ketika menundukkan Kosta Rika dengan skor 1-0 di perempat final dan mengalahkan Panama 2-1 di semifinal.

Jose Andres Guardado Hernandez, kelahiran Guadalajara, Meksiko, 28 September 1986, mulai mengenail sepak bola di klub kondang negaranya, Atlas, saat baru berusia 7 tahun. Di klub Meksiko itu pula dia memulai karier profesionalnya pada 2005 dalam usia 19 tahun.

Setelah bermain untuk Atlas dalam 64 pertandingan dan mencetak 6 gol selama 2 tahun, pada 2007 dia mulai berpertualang ke ranah Eropa bersama Deportivo La Coruna. Di klub Spanyol itu dia main dalam 137 pertandingan dan mengontribusi 23 gol.

Kehebatannya mulai menarik minat klub Eropa lainnya. Klub Spanyol lain yang berdasarkan rekan jejak lebih punya prestasi mentereng, Valencia, pun terpikat untuk mengangkutnya pada 2012, Bersama Valencia, Giardado bermain dalam 48 pertandingan dan hanya mencetak sebiji gol.

Semasa menjadi milik Valencia ini dia sempat pula dipinjamkan ke klub Bundesliga Jerman Bayer Leverkusen selama setengah musim pada 2013-2014, tapi hanya bermain empat kali.

Dia kemudian dipinjamkan lagi ke PSV. Di klub Belanda ini sinarnya semakin terang. Selama musim 2014-2015 dia main 28 kali untuk PSV di semua kompetisi dan mencetak satu gol dan ikut mengantar klub itu menjuarai Eredivisie Belanda untuk ke-22 kali.

Selain Guardado, pemain 28 tahun yang 121 kali memperkuat Timnas Meksiko, penghargaan lainnya diraih oleh dua pemain Amerika Serikat Brad Guzan dan Clint Dempsey.

Guzan, 30 tahun, pemain klub Liga Primer Inggris Aston Villa, meraih penghargaan Golden Glove (Sarung Tangan Emas) sebagai kiper terbaik. Sedangkan Dempsey, penyerang kawakan berusia 32 tahun anggota Seattle Sounders FC, meraih Golden Boot (Sepatu Emas) sebagai top skor dengan 7 gol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

psv eindhoven timnas as gold cup timnas meksiko timnas amerika Piala Emas

Sumber : Soccerway

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top