HASIL COPA AMERICA: Bekuk Peru Skor 2-1, 2 Gol Vargas Bawa Chile ke Final

Tuan rumah Chile akhirnya lolos ke final Copa America 2015 setelah menang tipis dengan skor 2-1 atas tim kuda hitam Peru dalam semifinal di Stadion Nasional Julio Martinez Pradanos di Kota Santiago pada Selasa pagi WIB (30/6/2015).
M. Syahran W. Lubis | 30 Juni 2015 08:33 WIB
Pemain Chile Eduardo Vargas merayakan gol keduanya ke gawang Peru yang membawa Chile lolos ke final Copa America 2015 - Reuters/Ricardo Moraes

Bisnis.com, JAKARTA - Tuan rumah Chile akhirnya lolos ke final Copa America 2015 setelah menang tipis dengan skor 2-1 atas tim kuda hitam Peru dalam semifinal di Stadion Nasional Julio Martinez Pradanos di Kota Santiago pada Selasa pagi WIB (30/6/2015).

Eduardo Vargas menjadi pahlawan skuat berjuluk La Roja dengan mencetak dua gol, sementara gol semata wayang Peru dalam pertandingan yang dipimpin wasit Jose Argote dari Venezuela itu dijaringkan oleh bek Chile Gary Medel alias melakukan gol bunuh diri.

Sebagaimana disiarkan secara langsung oleh Kompas TV, dengan keunggulan kualitas pemain, dengan kreator serangan Arturo Vidal dan ujung tombak Alexis Sanchez dan Vargas, Chile langsung menekan wilayah pertahanan Peru.

Namun Peru, yang lini depannya mengandalkan duet Jefferson Farfan dan Jose Paolo Guerrero justru mendapatkan peluang emas lebih dulu ketika laga baru memasuki menit ke-9. Umpan Guerrero disambar Farfan, namun bola hanya menghantam tiang gawang Chile yang dikawal kiper Claudio Bravo.

Lepas dari 15 menit pertama, pertarungan berjalan berimbang. Tapi, Chile segera unggul jumlah pemain sejak menit 20 karena Peru harus main dengan hanya 10 orang setelah Carlos Zambrano kena kartu merah akibat dianggap melanggar Charles Aranguiz meskipun dari tayang ulang tak terlihat ada unsur kesengajaan dalam pelanggaran itu.

Akhirnya Chile benar-benar mampu memanfaatkan keunggulan jumlah pemain pada menit 42 lewat Vargas yang menyambar bola rebound hasil terkena tiang dari tembakan Aranguiz. Skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Memasuki babak kedua, pertandingan tetap berjalan berimbang walaupun Chile unggul satu pemain. Pada menitn 53 Farfan punya peluang emas, namun sundulan kepalanya masih mengarah ke pelukan kiper Bravo.

Farfan akhirnya menjadi dalang gol bunuh diri bek Chile Gary Medel, yang gagal memotong umpan Farfan ke arah Andre Carrillo dan malahan masuk ke gawang sendiri tanpa sempat dicegah kiper Bravo yang tak menyangka Medel akan berbuat kesalahan seperti itu.

Namun skor imbang 1-1 hanya bertahan 4 menit. Chile mengembalikan keunggulannya menjadi 2-1 lagi-lagi melalui kontribusi Vargas melalui tendangan jarak jauh 30 meter yang sangat indah dan memperdaya kiper Peru Pedro Gallese. Skor 2-1 bertahan hingga laga usai.

Dalam pertandingan final, Chile akan berhadapan dengan pemenang pertandingan semifinal lainnya antara Paraguay dan Argentina yang dijadwalkan berlangsung pada Rabu (1/7/2015) mulai pk. 06:30 WIB. Adapun final digelar pada Minggu (5/7/2015) mulai pk. 03:00 WIB.

Tag : timnas chile, copa america, Timnas Peru
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top