Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BELANDA VS SPANYOL: La Furia Roja Dilumat 2-0

Peringkat ketiga Piala Dunia 2014 Belanda mengulangi kenangan pahit terhadap Spanyol dari Piala Dunia tahun lalu ketika mereka mengalahkan tim lapis kedua La Roja dengan skor 2-0 pada pertandingan persahabatan yang dimainkan pada Selasa (31/3/2015) atau Rabu (1/4/2015) WIB, untuk menjadi tim pertama yang menorehkan dua kekalahan terhadap pasukan Vicente del Bosque.
Peringkat ketiga Piala Dunia 2014 Belanda menundukkan Spanyol 2-0 di laga persahabatan di  Amsterdam Arena, Belanda, Selasa (31/3/2015) atau Rabu (1/4/2015)./Reuters
Peringkat ketiga Piala Dunia 2014 Belanda menundukkan Spanyol 2-0 di laga persahabatan di Amsterdam Arena, Belanda, Selasa (31/3/2015) atau Rabu (1/4/2015)./Reuters

Bisnis.com, AMSTERDAM -  Peringkat ketiga Piala Dunia 2014 Belanda mengulangi kenangan pahit terhadap Spanyol dari Piala Dunia tahun lalu ketika mereka mengalahkan tim lapis kedua "La Furia Roja" dengan skor 2-0 pada pertandingan persahabatan yang dimainkan pada Selasa (31/3/2015) atau Rabu (1/4/2015) WIB, untuk menjadi tim pertama yang menorehkan dua kekalahan terhadap pasukan Vicente del Bosque.

Bukannya menghidupkan kembali kesuksesan mereka atas Belanda di final Piala Dunia 2010, Spanyol ditaklukkan pada 20 menit pertama di Amsterdam Arena, kemasukan dua gol dari Stefan de Vrij pada menit ke-13 dan Davy Klaassen tiga menit kemudian.

Superioritas tuan rumah memanggil kembali keberhasilan mereka menghancurkan Spanyol dengan skor 5-1 di fase grup di Brazil tahun lalu, kekalahan yang memberi sinyal bagi berakhirnya laju penuh kesuksesan Spanyol selama enam tahun ketika mereka menjuarai Piala Eropa 2008 dan 2012 serta Piala Dunia 2010.

 

Susunan Pemain

Belanda: Kenneth Vermeer, Daryl Janmaat, Stefan de Vrij, Bruno Martins Indi, Jetro Willems, Daley Blind (Jonathan de Guzman 72’), Wesley Sneijder (Georginio Wijnaldum 62’), Davy Klaassen, Luciano Narsingh, Memphis Depay (Ibrahim Afellay 84’), Klaas-jan Huntelaar (Bas Dost 78’).

Spanyol: David De Gea, Daniel Carvajal, Juan Bernat, Raul Albiol, Gerard Pique (Sergio Ramos 68’), Mario Suarez (Mikel San Jose 68’), Cesc Fabregas, Santi Cazorla (Andres Iniesta 75’), Isco (Vitolo 46’), Pedro Rodriguez (David Silva 46’), Juanmi (Alvaro Morata 62’)


Del Bosque, yang sebelumnya tidak pernah kalah dua kali dari tim yang sama sejak menjadi pelatih timnas pada 2008, menurunkan tim inti eksperimental, di mana penyerang Malaga Juanmi dan gelandang Sevilla Vitolo melakukan debut internasional mereka.

Bagaimanapun, ia akan mewaspadai fakta bahwa kehadiran pemain-pemain berpengalaman seperti Cesc Fabregas dan Santi Cazorla di lapangan tengahnya tidak mencegah Belanda mendominasi permainan pada fase awal pertandingan.

"Kelihatannya mustahil bahwa kami tidak mencetak gol," kata Del Bosque pada konferensi pers.

"20 menit pertama mengecewakan kami," tambahnya. "Kemudian, kami mampu mengendalikan permainan, kami mendominasi, dan menciptakan sejumlah peluang namun tidak mampu mencetak gol." De Vrij mencetak gol pembuka dari operan Wesley Sneijder dan Klaassen menindak lanjuti tembakannya yang ditahan untuk menyambar bola pantul yang melewati kiper Spanyol David De Gea.

Pedro dan Juanmi berupaya mencetak gol balasan sebelum turun minum, dan Bruno Martins Indi nyaris mengubah skor menjadi 3-0 untuk Belanda melalui sundulannya pada menit ke-54.

Vitolo, yang menggantikan Pedro saat turun minum, gagal melepaskan tembakan dengan sempurna pada menit ke-68, dan Spanyol tampil lebih baik pada fase akhir pertandingan namun tidak mampu mematahkan pertahanan tuan rumah.

Setelah kalah dari Prancis pada September dan Jerman pada November, ini merupakan pertama kalinya Spanyol kalah pada tiga pertandingan persahabatan secara beruntun sejak 2001.

Spanyol dan Belanda mengalami hambatan pada kualifikasi Piala Eropa 2016, di mana Belanda pada khususnya kesulitan pada separuh perjalanan mereka di Grup A.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper