Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

FORLAN Bantah Ngemplang Pajak

Mantan striker Timnas Uruguay Diego Forlan menolak tudingan telah mengemplang pajak dengan menyembunyikan uangnya dalam rekening Swiss pada bank Inggris, HSBC Holdings PLC.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 10 Februari 2015  |  07:57 WIB
Diego Forlan  - Reuters
Diego Forlan - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan striker Timnas Uruguay Diego Forlan menolak tudingan telah mengemplang pajak dengan menyembunyikan uangnya dalam rekening Swiss pada bank Inggris, HSBC Holdings PLC.

Forlan adalah salah seorang dari sederet bintang rock, aktor Hollywood, anggota keluarga kerajaan, dan pedagang senjata yang disebut oleh Konsorsium Jurnalis Investigatif  Internasional (ICIJ) telah dibantu oleh HSBC untuk menghindari pajak dan menyembunyikan jutaan dolar AS asset mereka.

ICIJ mengatakan Forlan menjadi nasabah HSBC pada 2006 saat bermain di Spanyol bersama Villarreal. Laporan itu juga menyebutkan bahwa Forlan punya dua rekening terkait dengan empat rekening bank yang nilainya pada 2006/2007 mencapai 1,4 juta dolar AS.

"Keuangan saya selalu taat aturan, dalam cara memenuhi semua yurisdiksi pajak di tempat mana pun saya bekerja, tinggal dan memiliki aset," kata Forlan, yang kini merumput di Jepang bersama Cerezo Osaka, dalam laman resminya www.diegoforlan.com.

Memiliki rekening Swiss tidaklah ilegal dan banyak yang melakukan untuk tujuan yang sah, namun HSBC Minggu malam lalu mengakui gagal mengawasinya.

Data klien HSBC dipasok oleh Herve Falciani, mantan pegawai  IT pada bank swasta Swiss HSBC, kata HSBC. HSBC mengatakan Falciani telah mengunduh rekening-rekening dan klien-klien pada akhir 2006 dan awal 2007.

Pihak berwenang Prancis memperoleh data ribuan nasabah dan menyebarkannya ke otoritas-otoritas pajak di seluruh dunia, termasuk Argentina.

Nama Forlan adalah salah satu dari 61 nama yang diungkap ICIJ. Tetapi mantan pemain Manchester United dan Atletico Madrid itu menuding upaya ICIJ tersebut hanya untuk mencari sensasi. "Saya bukan bagian dari investigasi mengenai tuduhan ini, nama saya jelas dimanfaatkan sebagai cantolan saja."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

forlan diego forlan timnas uruguay

Sumber : Antara/Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top