Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

PIALA AFRIKA 2015: Wasit Untungkan Tuan Rumah, Kariernya Dihabisi

Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) bertindak tegas terhadap Rajindraparsad Seechurn, wasit asal Mauritius yang memberi penalti kontroversial untuk keuntungan tuan rumah Piala Afrika 2015, Guinea Khatulistiwa, saat menyingkirkan Tunisia dalam babak perempat final.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 04 Februari 2015  |  22:14 WIB
PIALA AFRIKA 2015: Wasit Untungkan Tuan Rumah, Kariernya Dihabisi
Wasit asal Mauritius Rajindraparsad Seechurn mendapat perlindungan dari petugas keamanan dari serangan para pemain Tunisia yang marah setelah kalah secara kontroversial dari tuan rumah Guinea Khatulistiwa dalam pertandingan perempat final Piala Afrika 2015 - Reuters/Mike Hutchings
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) bertindak tegas terhadap Rajindraparsad Seechurn, wasit asal Mauritius yang memberi penalti kontroversial untuk keuntungan tuan rumah Piala Afrika 2015, Guinea Khatulistiwa, saat menyingkirkan Tunisia dalam babak perempat final.

Rajindraparsad mendapat sanksi tidak boleh memimpin pertandingan sepak bola resmi di level apa pun selama 6 bulan. Dia juga dicoret dari daftar ofisial pertandingan level tertinggi di Afrika, yang praktis mengakhiri karier internasionalnya, demikian pernyataan resmi CAF pada Rabu (4/2/2015).

Para pemain Tunisia marah dan menyerbu wasit tersebut selepas pertandingan yang berlangsung selama 120 menit termasuk 2 x 15 menit perpanjangan waktu.

Dalam pertandingan perempat final itu, Tunisia menguasai permainan hingga pada menit ke-70 Ahmed Akaichi membuka skor, tetapi penalti yang diberikan Rajindraparsad untuk Guinea Khatulistiwa pada menit terakhir waktu reguler 2 x 45 menit merampas kemenangan Tunisia yang sudah di depan mata.

Penalti diberikan karena Ivan Bolado dijatuhkan Ali Maaloul melalui proses pelanggaran di kotak terlarang yang patut diperdebatkan dan hadiah itu dieksekusi dengan sempurna oleh Javier Balboa untuk menjadikan skor 1-1 sehingga dan penentuan pemenang dilakukan lewat waktu tambahan 2 x 15 menit.

Dalam perpanjangan waktu, Balboa kembali mencetak gol pada menit ke-102 melalui tendangan bebas yang keras mengarah ke sudut kiri atas gawang Tunisia yang membawa Guinea Khatulistiwa lolos ke semifinal.

Guinea Khatulistiwa menghadapi Ghana dalam partai semifinal yang dijadwalkan berlangsung pada Kamis (5/2/2015). Ghana maju ke semifinal setelah menundukkan Guinea di perempat final.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

piala afrika

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top