Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

HASIL PIALA AFRIKA 2015: RD Kongo vs Kongo Skor 4-2, Tuan Rumah Menang Kontroversial

Republik Demokratik (RD) Kongo dan tuan rumah Guinea Khatulistiwa lolos ke babak semifinal setelah dalam laga 8 besar menundukkan lawan-lawannya.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 01 Februari 2015  |  08:17 WIB
HASIL PIALA AFRIKA 2015: RD Kongo vs Kongo Skor 4-2, Tuan Rumah Menang Kontroversial
Wasit asal Mauritius Rajindraparsad Seechurn mendapat perlindungan dari petugas keamanan dari serangan para pemain Tunisia yang marah setelah kalah secara kontroversial dari tuan rumah Guinea Khatulistiwa dalam pertandingan perempat final Piala Afrika 2015 - Reuters/Mike Hutchings
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Republik Demokratik (RD) Kongo dan tuan rumah Guinea Khatulistiwa lolos ke babak semifinal setelah dalam laga 8 besar menundukkan lawan-lawannya dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Bata di Kota Bata pada Minggu pagi WIB (1/2/2015).

RD Kongo (dahulu Zaire) menundukkan Kongo dengan skor 4-2. Dalam pertandingan yang dipimpin wasit asal Seychelles Bernard Camille, kedua tim berbagi skor imbang tanpa gol hingga turun minum.

Namun, memasuki babak kedua, Kongo lebih dulu memimpin hingga skor 2-0 melalui kontribusi gol Fode Dore (55’) dan Thievy Bifouma (62’). Dengan keunggulan dua gol, seakan-akan Kongo bakal memenangi pertandingan.

Namun kenyataannya, ketinggalan dua gol tidak menyurutkan nyali para pemain RD Kongo. Skuat asuhan Jean Florent Ikwanga-Ibenge malahan bangkit dan hanya dalam waktu 3 menit gol balasan pertama pun tercipta lewat kontribusi Dieumerci Mbokani dengan assist Yannick Bolasie.

Pada menit ke-75 RD Kongo berhasil menyamakan skor menjadi 2-2, kali ini lewat bomber Jeremy Bokila dengan memanfaatkan umpan Cedric Makiadi.

Akhirnya RD Kongo benar-benar mampu membalikkan benar-benar mampu membalikkan jalannya pertandingan dan meraih kemenangan lewat gol Joel Kimwaki (81’) dan Mbokani (90’).

Di semifinal yang dijadwalkan berlangsung pada Rabu (4/2/2015), RD Kongo akan bertemu dengan pemenang Aljazair versus Pantai Gading.

Dalam pertandingan babak perempat final lainnya, tuan rumah Guinea Khatulistiwa mengatasi perlawanan Tunisia dengan skor 2-1 melalui babak perpanjangan waktu.

Sayangnya, kemenangan tuan rumah melalui proses penalti kontroversial pada menit terakhir waktu reguler 2 x 45 menit.

Tunisia menguasai permainan hingga pada menit ke-70 Ahmed Akaichi membuka skor, tetapi hadiah penalti yang diberikan wasit Mauritius Rajindraparsad Seechurn untuk Guinea Khatulistiwa pada menit terakhir waktu reguler 2 x 45 menit merampas kemenangan Tunisia yang sudah di depan mata.

Penalti diberikan karena Ivan Bolado dianggap dijatuhkan oleh Ali Maaloul di kotak terlarang dan hadiah itu dieksekusi dengan sempurna oleh Javier Balboa untuk menjadikan skor 1-1 dan penentuan pemenang harus dilakukan lewat waktu tambahan 2 x 15 menit.

Dalam perpanjangan waktu, Balboa kembali mencetak gol pada menit ke-102 melalui tendangan bebas yang keras mengarah ke sudut kiri atas gawang Tunisia yang membawa Guinea Khatulistiwa lolos ke semifinal.

Laga semifinal akan digelar pada Kamis (5/2/2015) menghadapi pemenang pertandingan perempat final lainnya antara Ghana dan Guinea.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

piala afrika

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top