Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Andre Villas-Boas Merapat ke Zenit

Mantan pelatih Chelsea dan Tottenham Hotspur, Andre Villas-Boas, akan jadi pelatih klub Rusia, Zenit St Petersburg, minggu ini setelah sepakat dengan kontrak selama dua tahun, kata klub itu Selasa (18/3/2014).
Andre Villas-Boas/telegraph
Andre Villas-Boas/telegraph

Bisnis.com, MOSKOW -  Mantan pelatih Chelsea dan Tottenham Hotspur, Andre Villas-Boas, akan jadi pelatih klub Rusia, Zenit St Petersburg, minggu ini setelah sepakat dengan kontrak selama dua tahun, kata klub itu Selasa (18/3/2014).

Pelatih dari Portugal itu akan menggantikan Luciano Spalletti, yang dipecat bulan ini.

Penjabat pelatih Sergey Semak akan bertanggung jawab atas tim itu pada pertandingan 16 besar Liga Champions, Rabu, di Borussia Dortmund, setelah kedudukan pada leg pertama berakhir 4-2. "Zenit setuju dengan kontrak dua tahun bersama pelatih kepala Andre Villas-Boas," kata klub dalam pernyataan mereka.

"Kontrak akan ditandatangani dan Villas-Boas akan hadir di St Petersburg sebagai pelatih baru Zenit pada 20 Maret," kata klub.

"Kontrak Villas-Boas berlangsung mulai Maret 2014 dan berlaku untuk masa kerja dua tahun," demikian dinyatakan klub.

Pelatih berusia 36 tahun itu, yang dipecat klub Liga Utama Inggris Tottenham pada Desember, akan menerima bayaran 8,5 juta euro (11,8 juta dolar) per musim, seperti dilaporkan media Rusia R-Sport, sehingga ia akan menjadi salah satu pelatih paling mahal di dunia.

"Bayaran pasti sebesar 8,5 juta euro sudah disetujui dengan Villas-Boas, per musim. Ia juga akan mendapat semacam bonus untuk hasil pertandingan tertentu," demikian dikatakan sumber berita.

Zenit hanya menang satu kali dalam babak penyisihan grup Liga Champions tetapi berada di urutan runners-up dan menjadi tim pertama yang maju ke babak sistem gugup dengan simpanan enam poin.

"Saya kira kami butuh udara bersama tim," kata pemain bertahan Zenit dari Belgia, Nicolas Lombaerts, dalam temu pers menjelang pertandingan Rabu di Dortmund.

"Villas-Boas adalah pelatih hebat, yang pernah memenangi Liga Eropa. Kami memiliki pengalaman sama, jadi saya kira bila kami bersatu akan lebih hebat. Kami akan mampu mendapatkan sesutu yang kami inginkan," katanya.

"Saya yakin dalam hal taktik dan kemampuannya melatih, Villas-Boas akan membawa kami mencapai apa yang kami mimpikan," katanya.

Pelatih termuda Villas-Boas merupakan pelatih termuda yang memenangi kompetisi UEFA, ketika mengangkat piala Liga Eropa 2011 bersama Porto, dua tahun setelah Zenit besama pelatih lamanya mengangkat Piala UEFA, sehingga mereka meraih tiga piala (treble), termasuk juara liga dan piala liga.

Ia bergabung dengan Chelsea dengan bayaran 13,3 juta pound (22,04 dolar) tapi Villas-Boas tidak bertahan hingga habis kontraknya.

Ia mendapat kesempatan kedua dalam kompetisi sepak bola Liga Inggris, ketika Spurs mengontraknya pada 2012 tetapi dipecat Desember setelah mereka kalah memalukan di kandang 0-5 atas Liverpool, tidak lama setelah dikalahkan 0-6 oleh Manchester City.

Villas-Boas akan bertemu dengan beberapa wajah yang tidak asing lagi baginya di Zenit. Ada pemain depan asal Brazil Hulk yang pernah dilatihnya di Porto, serta pemain bertahan Luis Neto dan pemain tengah Dann yang berkebangsaan Portugal.

Ia juga akan bertemu dengan pemain bertahan berbakat asal Belgia, Axel Witsel, yang bergabung dengan Zenit dari klub raksasa Portugal, Benfica.

Masih ada calon lain yang akan mengisi tempat lowong di Xenit.

Palatih Vitesse Arnhem, Peter Bosz (50) dilaporkan dalam laman koran Belanda De Telegraaf (www.telegraaf.nl) sudah melakukan pembicaraan dengan Zenit di Amsterdam untuk menjadi pelatih tim kedua Rusia.

Mantan pelatih CSKA Moscow dan pelatih veteran Valery Gazzaev (59) juga dihubung-hubungkan akan menjadi pelatih pada klub runner-up Liga Rusia pada musim lalu itu.

Media Belanda melaporkan, Villas-Boas terpilih di Zenit karena Hulk ingin adanya pelatih kepala yang dapat berbahasa Portugal.

Agen Hulk, Jorge Mendes, juga merupakan sahabat Villas-Boas. (Antara/Reuters)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper