Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sepakbola Sea Games 2013: Indonesia Satu Grup Dengan Myanmar & Thailand

Indonesia berada satu grup dengan tuan rumah Myanmar dan Thailand dalam cabang sepakbola Sea Games 2013.

Bisnis.com, JAKARTA--Indonesia berada satu grup dengan tuan rumah Myanmar dan Thailand dalam cabang sepakbola Sea Games 2013.

Namun pelatih Timnas Indonesia U-23 Rahmad Darmawan atau yang akrab dipanggil RD menilai hasil undian (drawing) tersebut  adil karena kekuatan di Asia Tenggara menyebar di dua grup.

"Saya melihat pembagian grup ini cukup adil, karena bagian grup sesuai dengan kekuatan di Asia Tenggara. Kami cukup puas dengan hasil drawing ini," katanya seperti dikutip Antara, Rabu (6/11/2013).

Berdasarkan hasil drawing di Naypyitaw, Myanmar, Timnas Garuda Muda berada di Grup B bersama tuan rumah Myanmar, Thailand, Timor Leste dan Kamboja. Grup B akan bertanding di Youth Trainning Center, Thuwuna, Yangon.

Adapun Grup A yang akan bertanding di Zeyar Thiri Football Stadium, Naypyitaw dihuni Vietnam, Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina dan Laos.

Menurut Rahmad,  jika dilihat dari hasil drawing Timnas Garuda Muda sedikit diuntungkan karena pernah bertemu dengan salah satu lawannya yaitu Timor Leste.

Pada pertandingan ujicoba beberapa waktu lalu, Timnas Indonesia mampu ditahan imbang Timor Leste, 0-0.

"Minimal kita sudah tahu kekuatan mereka. Saat ini kita tinggal mencari strategi yang tepat untuk menghadapinya. Begitu juga dengan calon lawan lainnya. Kita harus memantau kekuatan mereka," kata RD.

Selain berhadapan dengan Timor Leste, Kamboja dan tuan rumah Myanmar yang saat ini kekuatannya tidak boleh diremehkan,
Timnas Garuda Muda juga akan menghadapi salah satu raksasa Asia Tenggara yaitu Thailand.

"Myanmar telah menjadi kekuatan baru. Kita harus mewaspadai itu. Begitu juga dengan Thailand. Yang jelas kekuatan semua tim di grup ini harus kita waspadai," kata mantan pelatih klub Sriwijaya FC itu.

Timnas Indonesia U-23 hingga saat ini digembleng dalam pemusatan latijan di Yogjakarta.

Selain menjalankan program yang telah ada, Manahati Leskusen dan kawan-kawan juga melakukan beberapa pertandingan ujicoba.

Ujicoba yang telah dilakukan Timnas Garuda Muda ini diantaranya adalah menghadapi Timor Leste yang berakhir 0-0, menang atas Lampung Selection 2-1 dan kalah dari Persibat Batang, 1-2.

Rencananya Fandi Eko Utomo dan kawan-kawan masih dijadwalkan untuk menjalani beberapa pertandingan internasional yang diantaranya menghadapi dua klub lokal Hongkong yaitu Citizen AA dan Sun Pegasus.

Selama menjalani pelatnas dan ujicoba,  RD dihadapkan dengan minimnya striker haus gol. Guna mensiasati kondisi itu, pelatih asal Lampung ini memberikan tugas khusus pada pemain gelandang serang untuk ditarik kedepan menjadi striker.

Beberapa nama telah dipersiapkan pasca pencoretan Syamsir Alam dari timnas diantaranya adalah Sunarto, Yandi Sofyan dan Aldair Makatindu. Bahkan RD menarik kedepan gelandang Fandi Eko Utomo.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper