Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Liga Inggris MU-Sunderland: Adnan Januzaj, Dulu 'Dibuang' Ferguson

Bisnis.com, JAKARTA - Adnan Januzaj, pemain kelahiran 5 Februari  1995 asal Belgia, membuat debutnya di  Manchester United di Liga Inggris, dengan menganggumkan. Dia menyumbangkan kedua gol kemenangan the Red Devils saat menundukkan Sunderland

Bisnis.com, JAKARTA - Adnan Januzaj, pemain kelahiran 5 Februari  1995 asal Belgia, membuat debutnya di  Manchester United di Liga Inggris, dengan menganggumkan. Dia menyumbangkan kedua gol kemenangan the Red Devils saat menundukkan Sunderland 2-1, Sabtu (5/10/2013). Adnan Januzaj menjadi pemain United kedua setelah  Ruud van Nistelrooy.

Pemain ini, yang mempunyai dua kebangsaan (Albania dan Belgia), mencetak kedua gol itu dalam tempo cepat, enam menit. Pemain yang menolak bermain untuk tim nasional Belgia karena lebih memilih untuk Albania --karena orang tuanya berasal dari Kosovo-Albania--  sudah dibeli United sejak 2011.

Namun, pemain bernomor punggung 44, tdak pernah tampil membela MU di pentas Liga Inggris. Bahkan nomor 44 itu diberikan Alex Ferguson menjelang akhir musim kompetisi 2012-2013. Namun, sampai Fergie pensiun dari Setan Merah, dia tidak pernah tampil. 

Dia justru dipinjamkan ke West Bromwich Albion, yang pekan lalu mengalahkan MU 2-1 di Liga Inggris. Pada tahun ini, dia memenangkan Denzil Haroun Subtitution Team Player of the Year 2013, saat berusia 18 tahun.   Barulah pada musim ini, dia bergabung dengan skuad tim utama  yang diawali pada  laga pra musim, dan berhasil mencetak gol.

Pada 11 Agustus 2013, melawan Wigan Athletic, Januzaj membela MU di FA Community Shield 2013. Dia  memenangkan penghargaan Man of the Match saat ia membuat assist untuk gol tunggal United. Dia masuk menggantikan Robin van Persie.

Dia mempunyai  tanggal lahir --5 Februari--  yang sama dengan dua mantan bintang Manchester United Cristiano Ronaldo, bintang asal Brasil Neymar dan juga Carlos Tevez. Kini, kehadirannya, bakal memperkuat tim nasional Belgia jika dia bersedia bermain untuk tim nasional itu. Pasalnya, di tim nasional Belgia sudah bercokol bintang lainnya Eden Hazard, Romelu Lukaku, Vincent Kompany, Jan Vertonghen, Marouane Fellaini, Simon Mignolet, Thomas Vermaelen, Kevin de Bruyne dan lainnya.

Informasi pribadi

Nama lengkap

Adnan Januzaj

Tanggal lahir

5 Februari 1995 (umur 18)

Tempat lahir

Brussels,  Belgia

Tinggi

180 meter 

Posisi bermain

Gelandang  serang

Informasi klub

Klub saat ini

Manchester United

Nomor

44

Karier junior

2005–2011

Anderlecht

2011–2013

Manchester United

Karier senior*

Tahun

Tim

Tampil

(Gol)

2013–

Manchester United

0

(0)

* Penampilan dan gol di klub senior hanya dihitung dari liga domestik.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : BBC Sport/ManUtd.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper