Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Federasi Sepak Bola Oman Kecam Intimidasi Verbal kepada Wasit Ahmed Al Kaf

Federasi sepak bola Oman mengecam serangan verbal kepada wasit Ahmed Al Kaf yang memimpin laga Bahrain vs Timnas Indonesia.
Timnas Indonesia dan wasit Ahmed Al Kaf /REUTERS/Hamad I Mohammed
Timnas Indonesia dan wasit Ahmed Al Kaf /REUTERS/Hamad I Mohammed

Bisnis.com, JAKARTA - Federasi sepak bola Oman mengecam ancaman verbal dan segala bentuk intimidasi yang ditujukan kepada wasit Ahmed Al Kaf dan asisten wasit yang bertugas pada laga Bahrain vs Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Wasit asal Oman Ahmed Al Kaf ramai dibicarakan karena keputusan kontroversial yang ia buat pada laga Bahrain vs Indonesia, Kamis (10/10/2024).

Ahmed Al Kaf dinilai menguntungkan tuan rumah kala melanjutkan pertandingan hingga 9 menit, melebihi injury time 6 menit yang diberikan.

Keputusan itu dimanfaatkan Bahrain untuk mencuri gol kedua, sekaligus menggagalkan keunggulan Indonesia yang harus puas dengan hasil imbang 2-2.

Ahmed Al Kaf pun menjadi sasaran amarah suporter Timnas Indonesia yang kecewa karena tim Garuda gagal menang.

Akun Instagram Ahmed Al Kaf pun langsung hilang setelah ramai dihujat oleh netizen Indonesia.

Federasi Sepak Bola Oman angkat bicara untuk melindungi wasitnya dari serangan dan intimidasi verbal.

"Federasi Sepak Bola Oman mengecam penyerangan dan penggunaan ancaman serta intimidasi verbal yang ditujukan kepada wasit internasional Oman Ahmed Al Kaf dan asisten wasit seusai laga Bahrain dan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026," bunyi pernyataan federasi Oman.

Federasi Oman juga menegaskan penolakan mutlak terhadap perilaku di luar konteks yang dilakukan oleh sejumlah penggemar dan beberapa pihak terkait.

Mereka juga meperingatkan ancaman sanksi dari tindakan tak terpuji yang dilakukan oleh oknum tersebut.

Oman mengaku selalu menjunjung tinggi profesionalisme, transparansi, integritas, dan ketidakberpihakan yang telah lama ditunjukkan oleh tim wasit Oman.

Hal itu, lanjut mereka, membuat wasit asal Oman mendapat tempat di antara wasit elite Asia yang memiliki lisensi FIFA.

Federasi Oman juga meminta FIFA dan AFC untuk bertanggung jawab dalam menegakkan aturan terkait keamanan dan keselamatan wasit.

Mereka juga berkomitmen untuk membantu pihak yang berwenang dalam mencapai tujuan yang sama.

"Asosiasi Sepak Bola Oman sekali lagi berjanji untuk terus mendukung tim wasit Oman, yang dipimpin oleh wasit internasional Ahmed Al Kaf. Kami tetap yakin dengan kompetensi mereka dan memuji kinerja mereka, kami berharap mereka terus sukses dalam karier internasional," tulis pernyataan federasi Oman.

Buntut dari kontroversi tersebut, Ahmed Al Kaf dinyatakan batal menjadi wasit pada laga Al Ain vs Al Hilal dalam ajang Liga Champions Asia 2024-2025.

Jurnalis Oman, Khamis Al Balushi, menyebut pencopotan Ahmed itu dilakukan untuk melindungi sang wasit dari serangan publik dan media.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper