Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Bahrain vs Indonesia: Gol Menit Terakhir, Garuda Gagal Menang

Timnas Indonesia gagal memetik kemenangan akibat gol kontroversial Bahrain pada menit terakhir yang membuat skor imbang menjadi 2-2.
Skuad Timnas Indonesia saat melawan Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia / Reuters-Hamad I Mohammed
Skuad Timnas Indonesia saat melawan Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia / Reuters-Hamad I Mohammed

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Indonesia gagal memetik kemenangan pertama di Kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah Bahrain mencetak gol kontroversial pada menit-menit akhir.

Timnas Indonesia menghadapi Bahrain dalam matchday ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Nasional Bahrain, Riffa, Kamis (10/10/2024).

Timnas Indonesia harus kehilangan 3 angka setelah Bahrain mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-90+9.

Pada babak kedua pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memasukkan Rizky Ridho dan Eliano Reijnders menggantikan Jordi Amat dan Sandy Walsh.

Pergantian pemain ini mengisyaratkan Timnas Indonesia bermain lebih menyerang untuk mencetak gol.

Meski begitu, Bahrain juga tampil ngotot dan konsisten menggempur pertahanan Indonesia layaknya babak pertama.

Pada menit ke-57 kombinasi Rafael Struick dan Calvin Verdonk dari sisi kiri nyaris mengancam, namun dihalau dengan sliding tackle pemain Bahrain.

Permainan Indonesia terlihat lebih cair pada babak yang kedua. Operan-operan pendek khas Tim Garuda mulai terlihat bersamaan dengan serangan dari sisi sayap.

Indonesia bahkan bisa mengurung pertahanan Bahrain setelah 15 menit babak kedua berjalan.

Sayangnya kendali serangan Indonesia tak bertahan lama. Pada menit ke-67 Amine Benaddi melepaskan tembakan yang melenceng tipis dari gawang Indonesia.

Indonesia balas mengancam lewat tendangan bebas jarak jauh yang dilepaskan Jay Idzes pada menit ke-72. Hanya saja tendangan itu bisa diamankan oleh kiper Bahrain.

Suporter Indonesia bersorak pada menit ke-74 setelah Rafael Struick mencetak gol yang mengubah keadaan menjadi 2-1.

Menerima bola dari Thom Haye, Struick melepaskan tendangan placing kaki kanan yang bersarang di sudut gawang Bahrain. Gol itu sekaligus menandai waktu water break.

Bahrain bermain lebih terbuka setelah keadaan berbalik. Tendangan spekulasi Komail Al Aswad meluncur deras tapi masih bisa ditangkap kiper Indonesia Maarten Paes pada menit ke-79.

Paes tampil cekatan untuk mencegah Indonesia kebobolan. Refleksnya mampu menangkap bola sundulan rekannya sendiri, Jay Idzes, yang mengarah ke gawang.

Di sisa 5 menit waktu normal, Timnas Indonesia dipaksa bermain bertahan untuk menghalau Bahrain yang menyerang total.

Peluang emas didapatkan Bahrain dari tendangan bebas di depan kotak penalti pada masa injury time. Beruntung tendangan Mohamed Marhoon masih melebar dari sasaran.

Sayangnya kemenangan Indonesia yang sudah di depan mata harus sirna saat Bahrain mencetak gol pada menit ke-90+9. Marhoon meneruskan tandukan hasil sepak pojok.

Dengan hasil imbang 2-2 ini Timnas Indonesia mengoleksi 3 poin hasil dari 3 kali imbang. Garuda turun ke posisi kelima klasemen sementara Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.  

Susunan Pemain Bahrain vs Indonesia

Bahrain (4-5-1): Ebrahim Lutfalla; Amine Benaddi, Waleed Alhayam, Vincent Emmanuel, Abdulla Alhkhalasi; Abas Fadhel Alasfoor, Ali Madan, Mohamed Marhoon, 14-Ali Haram, Komail Alaswad; Mahdi Abdul Jabar Hasan.

Pelatih: Dragan Talajic

Indonesia (3-4-3): Maarten Paes; Jay Idzes, Mees Hilgers, Jordi Amat; Sandy Walsh, Thom Haye, Ivar Jenner, Calvin Verdonk; Ragnar Oratmangoen, Malik Risaldi, Rafael Struick.

Pelatih: Shin Tae-yong


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper