Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mantan Pelatih Inggris Eriksson Meninggal, Karena Kanker Pankreas

Sven-Goran Eriksson meninggal dunia karena kanker pankreas yang dideritanya.
Eriksson, mantan pelatih Inggris meninggal dunia/Sun
Eriksson, mantan pelatih Inggris meninggal dunia/Sun

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan pelatih sepakbola Inggris, Sven-Goran Eriksson meninggal dunia dan tutup usia pada 76 tahun.

Pelatih asal Swedia itu menjadi manajer asing pertama tim sepak bola putra Inggris pada tahun 2001. Sebelum meninggal, dia melatih para pemain yang disebut 'generasi emas' termasuk David Beckham, Steven Gerrard, dan Wayne Rooney.

Dilansir dari News Sky, Senin (26/8/2024), pihak keluarga Sven-Goran Eriksson mengatakan bahwa Eriksson menderita kanker pankreas dan pada awal tahun ini, sehingga tim media memprediksikan hanya memiliki waktu hidup paling lama setahun.

"Sven-Goran Eriksson telah meninggal. Setelah sakit lama, SGE meninggal pada pagi hari," kata keluarganya.

Eriksson sempat disebut menciptakan generasi emas karena pernah melatih David Beckham, Steven Gerrard, Wayne Rooney dan Frank Lampard.

Selama kariernya, Eriksson pernah melatih sejumlah klub papan atas Eropa seperti Benfica, Roma, Fiorentina, Sampdoria, dan Lazio.

Eriksson lahir pada 5 Februari 1948. Dia dikenal sebagai mantan manajer Inggris dan pelatih Meksiko mulai bulan Agustus 2008 hingga dia dipecat pada 2 April 2009.

Eriksson juga menjadi manajer Inggris dari tahun 2001 sampai tahun 2006. Dia juga melatih tim berjuluk The Three Lions itu di ajang Piala Dunia 2002, Piala Eropa 2004 dan Piala Dunia 2006. Setelah Piala Dunia 2006 ia mundur dari jabatan manajer Inggris apapun hasilnya.

Eriksson, yang berjuluk "Svennis" di Swedia, juga pernah melatih klub Italia seperti AS Roma, S.S. Lazio, ACF Fiorentina dan Sampdoria, di beberapa klub tersebut ia pernah merebut beberapa prestasi dan gelar juara.

Sebelum menjadi pelatih Meksiko, Eriksson sempat berkarier di Liga Utama Inggris musim 2007-08 dengan melatih Manchester City.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper