Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Rizki Juniansyah, dari Serang ke Paris Rebut Emas Kedua untuk Indonesia

Rebut emas kedua untuk Indonesia di olimpiade Paris 2024, ini profil Rizki Juniansyah
Atlet angkat besi Rizki Juniansyah dari Indonesia merebut medali emas Olimpiade Paris 2024./ REUTERS/Amanda Perobelli
Atlet angkat besi Rizki Juniansyah dari Indonesia merebut medali emas Olimpiade Paris 2024./ REUTERS/Amanda Perobelli

Bisnis.com, JAKARTA - Atlet angkat besi Indonesia di kelas 73 kilogram Rizki Juniansyah sukses menyumbangkan emas kedua untuk Indonesia di olimpiade 2024.

Rizki Juniansyah berhasil mengangkat beban dengan total angkatan snacth, clean dan jerk seberat 354 kg. Rizki bahkan membuat rekor Olimpiade baru di nomor clean and jerk dengan angkatan 199 kg.

Pria berusia 21 tahun yang lahir lahir 17 Juni 2003 itu adalah Juara Dunia Junior 2021 dan 2022 kelas 73 kg putra. Dia merupakan pemegang rekor dunia senior dalam angkatan Total, rekor dunia junior dalam angkatan Snatch, serta 3 rekor SEA Games pada kelas 73 kg putra.

Angkat besi bukanlah hal baru bagi Rizki. Rizki tumbuh dalam keluarga atlet. Sang ayah, Mohamad Yasin, adalah mantan atlet angkat besi nasional yang tampil gemilang di SEA Games antara 1983-1993.

Sang ibu, Yeni Rohaeni, merupakan atlet angkat berat Provinsi Banten. Kedua kakaknya dan kakak iparnya pun menggeluti olahraga angkat besi sebagai atlet. Sejak kecil, Rizki dilatih oleh ayahnya di Sasana miliknya sejak masih duduk kelas 4 SD.

Dalam perjalanan ke Olimpiade Paris, Rizki sempat mengalami tantangan, salah satunya harus menjalani operasi usus buntu pada akhir Agustus 2023 dan  rehat berlatih selama 5-6 bulan.

Rizki Juniansyah dipastikan lolos ke Olimpiade Paris 2024 setelah menjadi juara IWF World Cup 2024 di Phuket, Thailand.

Dengan total angkatan 365 kg, Rizki sukses memecahkan rekor dunia Total kelas 73 kg putra yang sebelumnya dipegang oleh lifter Tiongkok, Shi Zhiyong (364 kg).

Sengaja Hadirkan Ibunda

Ketua Umum PB PABSI Rosan Roeslani mengatakan dalam akun instagramnya dirinya sangat bersyukur cabang olahraga angkat besi bisa menyumbang emas untuk Merah Putih.

"Saya dan seluruh masyarakat Indonesia yang hadir di South Paris Arena merasakan bangga dan haru saat Rizki berhasil mencatatkan total angkatan 354kg dengan angkatan snatch 155 kg dan angkatan clean and jerk 199kg," tulisnya

Secara khusus, katanya, dia menghadirkan sang Ibunda yang juga mantan atlet angkat besi berprestasi bersama dengan kakak tercinta untuk memberikan dukungan langsung pada Rizki saat bertanding.

Menurutnya, ini memberikan semangat dan motivasi yang luar biasa untuk Rizki.

Tidak hanya memecahkan rekor clean and jerk olimpiade, Rizki juga menjadi atlet angkat besi Indonesia pertama yang membawa pulang medali emas olimpiade ke Tanah Air.

"Terima kasih Rizki atas semangat, dedikasi, dan pengorbanan yang telah diberikan untuk Indonesia.
Indonesia Bangga," tutup Rosan.

 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper