Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kesaksian Ibunda: Veddriq Pernah Latihan di Tengah Asap Kebakaran Hutan Kalimantan

Ibunda mengatakan Veddriq Leonardo tidak berhenti berlatih panjat tebing, meski kala itu langit Kalimantan dikepung asap kebakaran hutan.
Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo meraih emas Olimpiade Paris 2024/ REUTERS-Benoit Tessier
Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo meraih emas Olimpiade Paris 2024/ REUTERS-Benoit Tessier

Bisnis.com, JAKARTA - Veddriq Leonardo, atlet panjat tebing Indonesia peraih medali emas Olimpiade Paris 2024,  ternyata pernah latihan di tengah asap kebakaran hutan di Kalimantan.

Ibunda Veddriq, Rosita mengatakan bahwa medali emas yang diraih oleh anaknya saat ini tidak lepas dari kepribadiannya yang kokoh dan teguh. Bahkan, menurut Rosita, Veddriq sejak kecil seringkali menghadapi rintangan, terutama ketika berlatih panjat tebing di dekat tempat tinggalnya. 

"Sejak kecil, Veddriq merupakan anak yang sangat gigih dan teguh pendirian. Jika dia mengatakan A, maka harus A," tutur Rosita dalam keterangan resmi seperti dikutip, Kamis (8/8/2024).

Salah satu rintangan yang dihadapi Veddriq, yakni situasi kebakaran hutan di Kalimantan. Menurutnya, Veddriq tidak berhenti berlatih panjat tebing, meski kala itu langit Kalimantan dikepung asap kebakaran hutan.

"Setiap hari bahkan di saat ada kebakaran hutan di Kalimantan, dia tetap berlatih di bawah kabut asap yang memenuhi langit Kalimantan," katanya.

Veddriq memastikan dirinya menjadi juara pertama sekaligus peraih medali emas untuk nomor speed putra setelah mengalahkan lawannya Wu Peng atlet asal Cina di final dengan waktu 4,75 detik mengalahkan lawannya yang hanya berhasil mencatatkan 4,77 detik.

menjadi yang tercepat nomor speed putra usai mengalahkan wakil China, Wu Peng di partai final.

Perjuangan Veddriq mendapatkan medali emas dimulai dengan mengalahkan atlet asal tuan rumah, Perancis, di perempat final dengan waktu 4,88 detik yang membuatnya dirinya lolos ke semi final.

Di partai semi final, Veddriq Leonardo semakin menggila. Dia telah menuntaskan babak tersebut dengan catatan waktu 4,78 detik mengalahkan lawannya Alipour Alireza dari Iran yang hanya mencatakan waktu 4,84 detik. Hasil tersebut membuatnya dirinya melaju ke final.

Tidak berhenti di situ, Veddriq yang sempat menyamai rekor dunia tercepat milik Samuel Watson asal Amerika Serikat, telah menunjukkan kemampuan terbaiknya di babak akhir tersebut sehingga memastikan dirinya meraih medali emas mengalahkan lawannya Wu Peng asal Cina dengan waktu terbaiknya 4,75 detik.

Prestasi tersebut membuat Veddriq menjadi atlet pertama Indonesia yang berhasil menyumbangkan medali emas di Olimpiade Paris 2024.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper