Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kronologi dan Penyebab Pebulutangkis China Zhang Zhi Jie Meninggal Dunia Saat Tanding

Kolaps saat lawan atlet Jepang, ini penyebab pebulutangkis CHina Zhang Jie meninggal dunia
Penyebab Pebulutangkis China Zhang Zhi Jie Meninggal Dunia Saat Tanding/antara
Penyebab Pebulutangkis China Zhang Zhi Jie Meninggal Dunia Saat Tanding/antara

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Bulutangkis China (CBA) memberi penjelasan mengenai penyebab Zhang Zhi Jie, atlet badminton yang dinyatakan tewas di Badminton Asia Junior Championships 2024.

CBA mengatakan bahwa atlet tersebut sempat kolaps saat bertanding melawan Kazuma Kawano asal Jepang, dan nyawanya tidak tertolong meski sudah dibawa ke rumah sakit.

Menurut media CCTV China, CBA menjelaskan bahwa saat kejadian, Zhang Zhi Jie sudah mendapat prosedur penanganan keselamatan dengan cepat.

"Zhang Zhi Jie berpartisipasi dalam pertandingan terakhir babak penyisihan grup kompetisi tim, dia tiba-tiba pingsan di lapangan. Pemimpin tim China, pelatih, dokter tim, penerjemah, dan staf medis dari panitia penyelenggara segera mengatur penyelamatan dan mengirimnya ke rumah sakit tepat waktu," tulis pernyataan CBA, dikutip Senin (1/7/2024). 

Adapun menurut keterangan terkait, Ketua tim China dan staf terkait lainnya menemani Zhang Zhi Jie ketika dia dikirim ke rumah sakit dan selama masa penyelamatan. 

Selain itu, Kedutaan Besar dan Konsulat China di Indonesia juga sudah mencoba memberikan bantuan penuh atas insiden tersebut. 

"Kami sangat berduka atas meninggalnya Zhang Zhijie karena sakit mendadak saat berkompetisi di kompetisi internasional," kata kedubes dalam pernyataan resmi. 

Sementara itu, CBA juga dalam laporannya mengucapkan terima kasih yang tulus kepada seluruh lapisan masyarakat atas kepedulian dan bantuannya untuk tindak lanjut dari insiden tersebut. 

Adapun kejadian tersebut kini menjadi pukulan telak untuk dunia bulutangkis, terlebih, Zhang Zhi Jie merupakan calon bintang China di masa depan. 

Zhang Zhi Jie merupakan sosok berprestasi, karena sudah banyak menjuarai turnamen di kelompok usia baik nasional maupun tingkat dunia. 

Seperti diketahui, Pebulutangkis China Zhang Zhi Jie meninggal dunia setelah jatuh pingsan di ajang Badminton Asia Junior Championships 2024 (BAJC) di Yogyakarta, pada Minggu (30/6/2024). 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Erta Darwati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper