Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi Skor Indonesia vs Irak, 6 Juni: Susunan Pemain, H2H, Klasemen

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong meminta para pemain tampil lepas saat melawan Irak dalam putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis (6/6/2024).
Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Irak dalam kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis (6/6/2024). Prediksi Skor Indonesia vs Irak, 6 Juni: Susunan Pemain, H2H, Klasemen./PSSI
Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Irak dalam kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis (6/6/2024). Prediksi Skor Indonesia vs Irak, 6 Juni: Susunan Pemain, H2H, Klasemen./PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong meminta para pemainnya tampil lepas saat melawan Irak dalam putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (6/6/2024) sore.

Shin Tae-yong tidak ingin pemain Indonesia terbebani dengan hasil yang diraih dari dua kali pertemuan melawan Irak yang berakhir dengan kekalahan.

Dalam dua laga terakhir, Indonesia dihajar 1-5 oleh Irak pada pertemuan pertama pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026, dan takluk 1-3 pada fase grup Piala Asia 2023.

Selain meminta timnya tampil lepas, pria yang biasa disapa dengan coach Shin ini juga mengaku pasukannya tidak terlalu ambil pusing dengan perbedaan peringkat antara Indonesia dan Irak.

Pada daftar peringkat FIFA, Irak yang berada di posisi ke-58 juga unggul jauh atas tim Indonesia yang berada di posisi ke-134.

“Sekarang para pemain semestinya bisa enjoy dan menikmati saja pertandingan besok lawan Irak, daripada kita takut. Kita pasti bisa menunjukkan bahwa angka di peringkat FIFA itu hanya sekadar angka,” kata Pelatih Shin pada konferensi pers sebelum pertandingan di Jakarta, Rabu.

Pelatih asal Korea Selatan itu juga masih meyakini hasil di pertandingan terakhir Indonesia vs irak di Piala Asia bisa berbeda jika laga dipimpin dengan baik oleh wasit.

“Ketika ketemu Irak lagi di Piala Asia, waktu itu skornya 1-1, setelah itu Irak mencetak gol, saya masih berpikir itu adalah offside. Dan itu jika diputuskan offside dari wasit, kita tahu hasil kemarin seperti apa,” tutur mantan pelatih timnas Korsel itu.

Selisih posisi di daftar peringkat FIFA itu ditegaskan pelatih Shin sama sekali tidak membuat ia dan pasukannya merasa rendah diri.

“Memang secara peringkat FIFA berbeda jauh tetapi saya tetap memberikan motivasi kepada para pemain, dan bisa bermain dengan percaya diri, karena kami sudah kompak dan level kami sudah semakin meningkat,” tuturnya.

Sementara itu, Jordi Amat yang menemani STY dalam jumpa pers, berharap dirinya dan rekan-rekan bisa bermain sesuai arahan pelatih agar bisa memenangi pertandingan melawan Irak.

“Ya saya tahu bahwa kami memiliki tim yang sangat muda, tetapi mereka tampil baik, dan seperti yang telah pelatih sampaikan, tim ini berkembang hari demi hari. Kami percaya kepada sepak bola kami, ide kami, dan kami perlu bermain dengan cara yang diinginkan pelatih untuk dapat memenangi pertandingan,” ucap Jordi.

“Semua orang di tim ini tahu siapa pemimpinnya, dan kami perlu menaatinya, dan juga semua orang seperti melayani negaranya, membela jersey ini, dan akan memberikan yang terbaik untuk mendapatkan tiga poin besok,” tambahnya.

Jordi juga turut mengomentari mengenai para penggemar yang terus memadati stadion meski hanya laga persahabatan seperti melawan Tanzania yang berlangsung pada Minggu (2/6).

“Pada pertandingan persahabatan itu (melawan Tanzania). Stadionnya penuh, saya tidak berekspektasi terhadap hal itu. Namun ya para penggemar di sini, saya sangat dekat, selalu menyenangkan untuk merasakan dukungan di belakang kami, dan kami harap besok akan sama, stadion yang penuh, mendorong kami. Suatu kegembiraan untuk bermain di sini lagi besok dan tidak sabar untuk memulai laga melawan Irak,” ujar pemain Johor Darul Ta’zim itu.

Indonesia saat ini menduduki posisi kedua di klasemen sementara Grup F dengan koleksi tujuh poin, atau tertinggal lima poin dari pemuncak klasemen, Irak. Tim Garuda hanya memerlukan satu kemenangan dari dua laga tersisa untuk dapat mengamankan tiket ke putaran ketiga.

Setelah bertanding melawan Irak, timnas Indonesia akan memainkan laga terakhir fase grup putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Filipina pada Selasa (11/6) mendatang.

Prediksi Susunan Pemain Indonesia vs Irak:

Indonesia:

Ernando Ari, Asnawi Mangkualam, Justin Hubner, Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Thom Haye, Marselino Ferdinan, Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick

Lima Laga Timnas Indonesia:

24/01/24 Japan 3 - 1 Indonesia

28/01/24 Australia 4 - 0 Indonesia

21/03/24 Indonesia 1 - 0 Vietnam

26/03/24 Vietnam 0 - 3 Indonesia

02/06/24 Indonesia 0 - 0 Tanzania

Lima Laga Timnas Irak:

19/01/24 Iraq 2 - 1 Japan

24/01/24 Iraq 3 - 2 Vietnam

29/01/24 Iraq 2 - 3 Jordan

22/03/24 Iraq 1 - 0 Philippines

26/03/24 Philippines 0 - 5 Iraq

Head to Head indonesia vs Irak:

Date Match Skor Kompetisi
16 Mar 1973 Iraq vs Indonesia 1-1 FIFA World Cup
21 Mar 1973 Iraq vs Indonesia 3-2 FIFA World Cup
17 Jul 1977 Iraq vs Indonesia 2-0 Merdeka Tournament
17 Jul 1978 Indonesia vs Iraq 0-4 Merdeka Tournament
26 Nov 1996 Iraq vs Indonesia 4-0 International Friendly
19 Nov 2013 Indonesia vs Iraq 0-2 AFC Asian Cup
16 Nov 2023 Iraq vs Indonesia 5-1 FIFA World Cup
15 Jan 2024 Indonesia vs Iraq 1-3 AFC Asian Cup

Klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026:

# Team MP P
1 4 12
2 4 7
3 4 3
4 4 1

Prediksi Skor Indonesia vs Irak, 6 Juni:

Skor Indonesia vs Irak 1-1

Skor Indonesia vs Irak 2-1

Skor Indonesia vs Irak 1-3


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper