Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jay Idzes, Kisah Bangkit dari Trombosis Vena Kini Bawa Venezia Terbang Tinggi

Bek Timnas Indonesia Jay Idzes menjalani musim yang cemerlang dengan membawa Venezia promosi ke Serie A lewat jalur playoff promosi.
Bek Timnas Indonesia Jay Idzes bangkit dari penyakit trombosis vena dan membawa Venezia promosi ke Serie A / Instagram @jayidzes.
Bek Timnas Indonesia Jay Idzes bangkit dari penyakit trombosis vena dan membawa Venezia promosi ke Serie A / Instagram @jayidzes.

Bisnis.com, JAKARTA - Bek Timnas Indonesia Jay Idzes menjalani musim yang cemerlang dengan membawa Venezia promosi ke Serie A lewat jalur playoff promosi.

Venezia memastikan tiket terakhir untuk promosi ke Serie A 2024-2025 setelah membekuk Cremonese dalam final playoff Serie B, Senin (3/6/2024) dini hari.

Gol tunggal Christian Gytkjaer memastikan kemenangan Venezia dengan agregat 1-0 atas Cremonese, setelah imbang 0-0 pada leg pertama.

Hasil ini membawa Venezia menyusul Parma dan Como 1907 yang lebih dulu meraih tiket promosi ke Serie A lewat jalur juara dan runner-up Serie B.

Capaian ini menjadi prestasi yang membanggakan buat bek Timnas Indonesia, Jay Idzes.

Pasalnya, Jay Idzes menjadi bagian penting dalam tim Venezia yang sukses naik kasta ke level tertinggi musim depan.

Lebih istimewa lagi, Jay melakukan itu setelah absen cukup panjang dari lapangan hijau karena penyakit yang cukup serius.

Dilansir dari laman resmi Venezia, Jay Idzes dikonfirmasi mengalami trombosis vena dengan mikroemboli paru yang berarti ada penyumbatan pembuluh vena karena pembekuan darah.

Penyumbatan darah yang dialami pemain berusia 23 tahun itu juga diikuti dengan penyumbatan pembuluh arteri yang membawa darah dari jantung ke paru-paru.

"Kami sangat bersedih untuk Jay Idzes, pertama dan terutama sebagai pribadi, tapi sekarang tugas kami adalah mendampinginya dengan tenang," ucap pelatih Venezia, Paolo Vanoli, dilansir dari situs resmi.

Mikroemboli paru awalnya muncul karena darah yang menggumpal di bagian tubuh tertentu, misalnya di kaki. Meski berukuran kecil, emboli paru bisa membahayakan nyawa jika tak segera diatasi.

Dilansir dari Transfermarkt, Jay juga disebut mengalami masalah Oklusi Vena Retina.

Jay Idzes cukup lama absen karena penyakit tersebut merumput. Terakhir kali dia bermain adalah saat Venezia menghadapi Parma pada pekan ke-10 Serie B, Oktober 2023.

Dalam laga yang berakhir dengan skor 3-2 untuk kemenangan Venezia, Jay Idzes turun sebagai starter mengisi posisi bek tengah.

Setelah laga itu Jay absen selama 96 hari atau lebih dari 3 bulan. Dia baru pulih dari cedera dan mulai berlatih pada 24 Januari 2024.

Di sela absennya tersebut, Jay bahkan sempat untuk merampungkan proses naturalisasi dan menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI).

Absen 3 bulan tak membuat Jay kehilangan tempat utama. Tercatat pemain yang baru berulang tahun pada 2 Juni kemarin itu tampil dalam 25 laga Serie B musim ini, 23 kali sebagai starter dan 2 kali menjadi pengganti.

Di babak playoff peran Jay makin sentral. Bek berpostur 190 cm itu selalu menjadi starter dalam 4 pertandingan Venezia, 3 di antaranya bermain penuh 90 menit.

Jay membukukan 3 gol di Serie B dengan total menit bermain 2.096 menit. Yang lebih mengagumkan, sebagai pemain bertahan Jay terbilang "sopan".

Dari 29 laga di Serie B, Jay hanya mengantongi 3 kartu kuning tanpa ada hukuman kartu merah dari wasit.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper