Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PT LIB Pastikan Liga 1 Musim Depan Pakai 8 Pemain Asing

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) Ferry Paulus memastikan Liga 1 2024-2025 alias musim depan akan menggunakan regulasi delapan pemain asing.
Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus mengungkapkan regulasi 8 pemain asing di Liga 1 musim depan / Antara.
Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus mengungkapkan regulasi 8 pemain asing di Liga 1 musim depan / Antara.

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) Ferry Paulus memastikan Liga 1 2024-2025 alias musim depan akan menggunakan regulasi delapan pemain asing.

Ferry Paulus menyampaikan hal tersebut saat menyaksikan leg kedua final Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, Jumat (31/5/2024).

Ferry menjelaskan regulasi 8 pemain asing itu merupakan kesepakatan dari klub-klub peserta Liga 1 musim depan.

"Nah musim depan, pasti kick off-nya [Liga 1] pada 2 Agustus. Sudah pasti kami tetapkan 2 Agustus. Kemudian yang pasti akan berubah adalah dari regulasi pemain asing," ujar Ferry.

Ferry membeberkan aturan khusus perihal pemain asing masing-masing klub yang berjumlah 8 orang tersebut.

Menurutnya, tak semua pemain asing bisa berada di dalam lapangan. Sistemnya harus bergantian dengan pemain asing lainnya.

Selain itu perubahan lainnya adalah tak ada lagi slot khusus untuk pemain asing dari Asia Tenggara (Asean) dan diganti dengan pemain dari negara Asia mana pun.

"Jadi ke klub per hari ini akan kita sampaikan setelah Championship Series ini selesai bahwa regulasi pemain asing akan dengan 8 pemain asing, tapi tetap yang main adalah 5+1, [plus] satunya tapi Asia bukan ASEAN. Kemudian delapannya ada di DSP (Daftar Susunan Pemain), jadi asing tukar dengan asing," ucap dia.

Ferry menjelaskan regulasi delapan pemain asing ini sangat berguna karena akan memberikan manfaat kepada pemain-pemain lokal untuk mencuri ilmu.

"Kenapa penting buat kita? Supaya kita juga punya banyak opportunity pemain asing yang bisa memberikan manfaat untuk AFC di konstelasi AFC. Kan di AFC juga bebas tapi DSP-nya tetap enam gitu kan tetap enam, 5+1," ucap Ferry.

Selain itu, Ferry juga memastikan regulasi pemain U-23 masih akan diberlakukan pada kompetisi Liga 1 musim depan karena sudah terbukti memberikan manfaat.

"Kemudian (regulasi) U-23 tetap karena ini memang kelihatan kan manfaat dari Under-23, pemain-pemain Under-23 kita semuanya punya kontribusi yang besar untuk Tim Nasional U-23," ucap dia.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper