Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Championship Series Pakai VAR, Bek Persib Berharap Wasit Lebih Adil

Bek Persib Bandung Nick Kuipers berharap penerapan Video Assistant Referee (VAR) di Championship Series Liga 1 2023-2024 bisa membantu wasit lebih adil.
VAR akan dipakai di Championship Series Liga 1 2023-2024 / Reuters
VAR akan dipakai di Championship Series Liga 1 2023-2024 / Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Bek Persib Bandung Nick Kuipers berharap penerapan Video Assistant Referee (VAR) di Championship Series Liga 1 2023-2024 bisa membantu kinerja wasit agar lebih adil memimpin pertandingan.

VAR untuk kali pertama akan digunakan di partai semifinal Championship Series Liga 1 2023-2024 Bali United vs Persib Bandung di Bali United Training Center, Selasa (14/5/2024).

Bek Persib Nick Kuipers menilai kehadiran VAR menambah nilai sepak bola Indonesia layaknya kompetisi sepak bola di Eropa.

"VAR ini sesuatu yang bagus dan positif untuk sepak bola Indonesia seperti di Eropa, banyak kondisi penting dicek melalui VAR," kata Nick Kuipers dalam jumpa pers jelang laga melawan Bali United di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Senin (13/5/2024).

Pemain asal Belanda itu pun menilai penerapan VAR akan memberikan manfaat yang krusial kepada tim di lapangan.

Apalagi pada laga penting sekelas semifinal yang menentukan langkah lanjutan menuju final Liga 1 2023-2024.

Kuipers pun berharap teknologi VAR mampu memberikan keadilan dan transparansi dalam setiap pertandingan sehingga dapat memberikan bantuan kepada wasit.

"Ini hal yang positif VAR dimasukkan dalam pertandingan dan harapannya ke depan digunakan untuk pertandingan lebih adil dan bersih, meningkatkan sepak bola Indonesia," kata eks pemain Emmen FC dan ADO Den Haag itu.

Maung Bandung dijadwalkan menantang tim tuan rumah dengan julukan Serdadu Tridatu di Bali United Training Center, pada Selasa malam pukul 20.00 Wita.

Sebelumnya, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir memastikan VAR mulai digunakan pada babak Championship Series Liga 1 Indonesia 2023-2024.

Erick yang juga Menteri BUMN itu menambahkan untuk mengalokasikan VAR perlu anggaran yang tidak sedikit yakni mencapai lebih dari Rp100 miliar.

"VAR itu perlu uang Rp100 miliar lebih. Dana sudah ada di liga yang selama ini PSSI banyak menggunakan keuangan liga. Kami sekarang ini tidak, makanya liganya sehat, makanya bisa (adakan) VAR," kata Erick Thohir di Denpasar, Minggu (12/5/2024).

VAR adalah alat bantu yang memanfaatkan tayangan video membantu wasit mengambil keputusan penting seperti mengesahkan gol, memberi kartu merah, atau memberi hukuman penalti.

Teknologi ini sudah umum digunakan di sepak bola Eropa. Sementara di Indonesia, VAR juga digunakan di Piala Dunia U-17 2023 dengan alat yang dipinjam dari FIFA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper