Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fakta-fakta Unik Shin Tae-yong, Humoris hingga Aktif di Kegiatan Sosial

Humoris dan aktif di kegiatan sosial, simak fakta-fakta unik Shin Tae Yong
Fakta-fakta Unik Shin Tae-yong, Humoris hingga Aktif di Kegiatan Sosial/PSSI
Fakta-fakta Unik Shin Tae-yong, Humoris hingga Aktif di Kegiatan Sosial/PSSI

Bisnis.com, JAKARTA – Pelatih timnas U23, Shin Tae-yong (STY) berhasil membawa Indonesia melaju ke semifinal Piala Asia U-23 2024. STY dianggap mempunyai andil besar dalam memajukan dunia sepak bola di tanah air.

Pria berumur 53 tahun itu pertama kali diperkenalkan PSSI sebagai pelatih timnas pada tahun 2019. Dia dikontrak selama empat tahun.

Selama periode tersebut, pria kelahiran Korea Selatan itu memberikan progres positif bagi Tim Nasional Indonesia untuk bertanding melawan jejeran timnas negara lain.

Ternyata, kepiawaian STY dalam menyusun strategi pertandingan tidak semudah membalikan tangan. Dia sebelumnya pernah menjadi atlet dan pelatih di negara kelahirannya.

Dibalik kesuksesannya itu, STY mempunyai fakta menarik yang harus Anda ketahui. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut fakta-fakta tentang STY.

1. Mantan Pemain Profesional

Diberiitakan Bisnis sebelumnya, Shin Tae-yong pernah berkiprah menjadi atlet profesional di Korea Selatan. Pada tahun 1992, dia tergabung dalam klub Seongnam, Korea Selatan.

Tercatat, dia pernah membela timnas U-17, U-20, dan U-23. Selama berkiprah menjadi atlet, dia telah mencetak beberapa prestasi gemilang dan membawa klubnya ke liga-liga ternama.

2. Perdana Meniti Karir Sebagai Asisten Manajer di Queensland Roar

Pada tahun 2004 dia harus menggantungkan sepatunya sebagai atlet karena cedera ankle dan memulai karir pertamanya pada tahun 2005 di klub sepak bola, Queensland Roar sebagai Asisten Manajer. Di sana dia hanya bertahan selama tiga tahun, tepat pada 2008, di mana dia menjadi pelatih di klub yang membesarkan namanya, Seongnam.

3. Aktif Ikuti Kegiatan Sosial

Dalam laman akun instagramnya, Shin Tae-yong pernah menggelar kegiatan sosial di Panti Asuhan “Tebet”. Dalam gelaran tersebut, dia melibatkan tim dokter olahraga Korea, staf pelatih, dan pihak restoran Korea.

Dari foto yang diunggah STY, tampak dirinya bersama panitia yang lain memberikan makanan dan bantuan lainnya untuk anak-anak. Bahkan, dirinya juga menyempatkan untuk memberikan ilmu tentang sepak bola di hadapan anak-anak panti asuhan tersebut.

4. Gemar Unggah Kegiatannya di Sosial Media

Dalam postingan di akun instagramnya, STY aktif mengunggah aktivitas sehari-hari mulai dari latihan bersama Tim Nasional atau setelah pertandingan.

Postingannya pun kerap dibumbui nuansa komedi sehingga penggemarnya kerap kali terhibur dengan isi kontennya.

5. Miliki Anak Seorang Atlet Sepak Bola

Bakat STY ternyata diturunkan ke anaknya, Shin Jae Won yang merupakan atlet sepak bola di Klub Seongnam. Seperti diketahui STY merupakan mantan pemain bola dari klub tersebut. Shin Tae-yong juga kerap mengunggah aktivitas sang anak ketika sedang latihan atau bertanding.

Tak hanya Shin Jae Won, anak keduanya, Shin Jae-hyuk turut menurunkan DNA sang ayah sebagai atlet sepak bola. Dilansir soccerway, anak kedua dari pasangan Cha Young-ju pernah membela klub Ansan Greeners. Jae-hyuk juga tercatat pernah bertanding di Korea Liga 2.

6. Diduga punya riwayat sakit kronis

Shin Tae-yong diduga mempunyai riwayat penyakit kronis. Kabar ini berhembus pada tahun 2021, di mana dirinya harus dibawa menggunakan ambulans udara setelah terpapar Covid-19.

Kala itu dia mengatakan memiliki penyakit kronis yang sempat kambuh sebelum positif Covid-19. Kabar itu diungkap oleh beberapa media lokal di tanah air. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper