Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Media China Sebut Timnas Indonesia Bakal Jadi Raja Asia Tenggara yang Baru

Media China, 163, memprediksi Timnas Indonesia akan menjadi kekuatan sepak bola yang merajai Asia Tenggara.
Timnas Indonesia disebut sebagai Raja Asia Tenggara /PSSI
Timnas Indonesia disebut sebagai Raja Asia Tenggara /PSSI

Bisnis.com, JAKARTA - Media China, 163, memprediksi Timnas Indonesia akan menjadi kekuatan sepak bola yang merajai Asia Tenggara.

Pemberitaan media China itu bukan tanpa sebab. Pasalnya, mereka melihat Timnas Indonesia mampu 3 kali mengalahkan Vietnam secara beruntun.

Indonesia menang 1-0 atas Vietnam di Piala Asia 2023, kemudian 1-0 pada leg pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026, terakhir menang 3-0 di markas The Golden Stars pada leg kedua.

Hasil tersebut cukup mengejutkan karena Vietnam tadinya merupakan negara Asia Tenggara dengan ranking FIFA tertinggi.

Bahkan Vietnam sempat menembus rangking 99 dunia bersama pelatih Park Hang-seo. Kini, senjakala Vietnam diiringi dengan kebangkitan Indonesia.

Media China tersebut menyoroti program naturalisasi Timnas Indonesia yang membawa perubahan positif.

Tim Garuda disebut tak butuh waktu lama untuk bertransformasi dan menjadi lebih kuat. Indonesia yang dulunya sangat kesulitan menghadapi Vietnam dan Thailand kini mulai terbiasa dengan kemenangan.

Namun, dengan hasil kontra Vietnam bulan lalu, 163 berani menyebut Timnas Indonesia sebagai raja Asia Tenggara yang baru.

"Butuh waktu singkat bagi Timnas Indonesia untuk berubah dari tim berperingkat rendah menjadi tim dengan materi kelas dua di Asia. Namun kekuatan tim Indonesia saat ini telah melonjak dan hanya dalam beberapa tahun mereka telah menjadi seperti roket, menjadi 'Raja Kecil Asia Tenggara' yang baru," tulis laman 163.

Media tersebut juga mengapresiasi penampilan pemain-pemain naturalisasi Timnas Indonesia saat menggebuk Vietnam.

163 mengulas performa pemain-pemain yang berkarier di Liga Belanda, Liga Italia, hingga Liga Belgia itu.

Terakhir, media tersebut juga menyebut kans Timnas Indonesia untuk melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sangat terbuka lebar.

163 juga mewanti-wanti Timnas China untuk menaruh perhatian lebih kepada Timnas Indonesia jika kedua tim bentrok di putaran ketiga.

"Dilihat dari performa kedua kubu dalam dua tahun terakhir, tidak mudah bagi tim nasional sepak bola untuk mengalahkan tim Indonesia. Bahkan harus siap mental untuk kalah," tulis 163.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper