Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gaduh Soal Jersey Timnas Indonesia, Erigo dan Erspo Tak Ada Hubungan?

Drama yang terjadi di media sosial tentang desainer jersey Timnas Indonesia turut mengundang pertanyaan terkait perusahaan apparel Tim Garuda.
Jersey Timnas Indonesia yang diproduksi Erspo / Instagram @erspo.official.
Jersey Timnas Indonesia yang diproduksi Erspo / Instagram @erspo.official.

Bisnis.com, JAKARTA - Drama yang terjadi di media sosial tentang desainer jersey Timnas Indonesia turut mengundang pertanyaan terkait perusahaan apparel Tim Garuda.

Media sosial khususnya Twitter ramai dibanjiri tagar #BoikotErspo sejak Sabtu (30/3/2024).

Penyebabnya adalah sosok desainer jersey Timnas Indonesia, Ernanda Putra, yang reaktif menanggapi kritik netizen terhadap hasil karyanya.

Setelah ramai Ernanda dihujat dan muncul tagar #BoikotErspo, ada kabar yang beredar bahwa Erspo dan Erigo adalah perusahaan yang tak berhubungan.

Hal ini cukup mengejutkan, sebab ada beberapa kejanggalan yang tampak sejak Timnas Indonesia merilis jersey baru.

Pada Oktober 2023, PSSI mengumumkan bahwa Erigo dan Bocorocco menjadi official apparel Timnas Indonesia.

"Selamat kepada Erigo dan Bocorocco yang secara resmi terpilih sebagai mitra official fashion apparel dan official footwear tim nasional sepak bola Indonesia untuk 2024-2025 melalui proses tender terbuka," tulis pernyataan PSSI pada Oktober lalu.

Seiring berjalannya waktu, Timnas Indonesia akhirnya merilis jersey baru pada 18 Maret 2024 bersama apparel Erspo.

Awalnya, Erspo dimaknai sebagai Erigo Sport, atau masih bagian dari perusahaan Erigo yang khusus bergerak di bidang apparel olahraga.

Namun pemilik Erspo, Muhammad Sadad, menulis dalam unggahan di Instagram bahwa Erspo adalah singkatan dari Ergonomic Sporty Outfit.

Berbeda dengan pengumuman Oktober 2023, PSSI kini sama sekali tak menyinggung nama brand Erigo dalam pernyataan tentang rilis jersey baru Timnas Indonesia.

Sebaliknya, PSSI justru menyebut nama brand Erspo yang bukan merupakan pemenang tender terbuka.

Bahkan, nama Erspo pun tak ada dalam list peserta tender jersey Timnas Indonesia yang diumumkan pada Oktober lalu.

"Erspo menerbitkan dua warna jersey yang nantinya dipakai pemain timnas Indonesia untuk bertanding. Jersey kandang masih tetap berwarna merah dengan list putih di kerah dan lengan. Untuk jersey tandang, Erspo meluncurkan warna putih dengan list merah di kerah dan lengan," bunyi pernyataan PSSI.

Saat muncul tagar #BoikotErspo dan polemik dengan desainer jersey Timnas Indonesia, Erigo juga tak memberikan pernyataan apapun.

Hal ini memunculkan spekulasi bahwa Erigo dan Erspo adalah perusahaan yang berbeda.

Salah satu netizen X dengan handle @indonesans menggulirkan pernyataan bahwa serangan terhadap Erspo tak seharusnya dialamatkan kepada Erigo.

"Soal Erspo, kok pada nyerang erigo yah? Itu udah beda Perusahaan, si om yang di erspo itu kan udah keluar dari erigo, makanya erigo diem2 aja dikegaduhan ini, Namanya aja dimiripin," tulis akun tersebut dalam unggahannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper