Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Maverick Vinales Juara Sprint MotoGP Portugal, Marc Marquez Runner-Up

Maverick Vinales juara Sprint Race MotoGP Portugal 2024. Adapun, Marc Marquez juga mencetak capaian apik dengan menjadi runner-up.
Maverick Vinales juara Sprint Race MotoGP Portugal 2024. Adapun, Marc Marquez juga mencetak capaian apik dengan menjadi runner-up./Reuters
Maverick Vinales juara Sprint Race MotoGP Portugal 2024. Adapun, Marc Marquez juga mencetak capaian apik dengan menjadi runner-up./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Kejutan datang dari Maverick Vinales (Aprilia Racing) pada sesi Sprint Race MotoGP Portugal 2024 dengan prestasi raihan kemenangan perdananya buat pabrikan Aprilia, kendati kondisinya sedang tidak sehat.

Pria berjuluk Top Gun itu pun akhirnya merasakan menduduki podium teratas bersama Aprilia sejak memutuskan pindah dari pabrikan utama Yamaha selepas musim 2021. Sebelumnya, pada sesi kualifikasi, Vinales meraih posisi start ke-2 di bawah Enea Bastianini (Ducati Lenovo Team).

Reflek start yang apik membawa Vinales bisa menyalip Enea pada awal sisi Sprint dan tetap berada dalam barisan terdepan bersama beberapa pembalap. Vinales sempat adu salip dengan Marc Marquez (Gresini Ducati) dan Jorge Martin (Prima Pramac Ducati), dan sempat diasapi sekitar 1 detik oleh sang juara bertahan, Francesco 'Pecco' Bagnaia (Ducati Lenovo Team).

Sayangnya, Pecco membuat kesalahan di tikungan pertama pada pertengahan sesi sprint, sehingga Pecco pun harus puas mengakhiri sprint di peringkat ke-4 dan hanya mengoleksi 6 poin. Adapun, Vinales mengaku sakit sejak sesi latihan di hari Jumat.

Pria asal Spanyol itu bahkan tercatat kehilangan berat badannya beberapa kg, terlihat lemas, dan terus memakai masker ketika berbicara.

Menurutnya, hasil positif ini merupakan buah kerja keras timnya yang berhasil mengatasi masalah akselerasi motornya yang terjadi pada seri Qatar dua minggu lalu.

"Kami mendapat jalan keluar dan saya senang atas perjalanan tim. Saya akan berkonsentrasi buat balapan utama besok, tapi momen ini sangat berharga, karena ini merupakan kemenangan pertama saya buat Aprilia. Jadi saya tentu menikmati momen ini," ungkapnya selepas sesi Sprint Race, Sabtu (23/3/2024).

Vinales pun diganjar 12 poin atas kemenangannya di sesi sprint kali ini. Pada balapan utama Minggu (24/3/2024), Vinales mengaku akan mencoba meraih poin maksimal, memaksimalkan capaiannya yang mampu mengamankan posisi start dari baris depan.

Adapun, Marc Marquez juga mencetak capaian apik dengan menjadi runner-up, sekaligus mempersembahkan podium perdananya buat Gresini Ducati. Marquez mendapat 9 poin, dan berhasil mengamankan posisi ke-4 klasemen sementara di bawah Pecco, Martin, dan Brad Binder (Red Bull KTM).

Prestasi Marquez ini merupakan buah dari kesabarannya menunggu Martin membuat kesalahan di lap akhir, kemudian menyalipnya dari dalam. Martin yang notabene berstatus 'Raja Sprint' jadi harus puas hanya berada di posisi ke-3 dengan ganjaran 7 poin.

Berikut daftar lengkap pembalap yang berhasil meraih poin dalam sesi Sprint Race MotoGP Portugal 2024:

1. Maverick Vinales (Aprilia Racing) - 12 poin

2. Marc Marquez (Gresini Racing Ducati) - 9 poin

3. Jorge Martin (Prima Pramac Ducati) - 7 poin

4. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) - 6 poin

5. Jack Miller (Red Bull KTM) - 5 poin

6. Enea Bastianini (Ducati Lenovo Team) - 4 poin

7. Pedro Acosta (Red Bull GasGas Tech3 KTM) - 3 poin

8. Aleix Espargaro (Aprilia Racing) - 2 poin

9. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) - 1 poin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper