Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Pemain Sepak Bola Wanita Terbaik Sepanjang Masa, Ada Legenda Brasil

Berikut daftar pemain sepak bola wanita terbaik sepanjang masa, ada eks kapten Timnas Amerika Serikat dan Brasil.
Daftar pemain sepak bola wanita terbaik sepanjang masa, ada legenda Brasil Marta/Reuters.
Daftar pemain sepak bola wanita terbaik sepanjang masa, ada legenda Brasil Marta/Reuters.

Daftar Pemain Sepak Bola Wanita Terbaik Sepanjang Masa

5. Homare Sawa (Jepang)

Homare Sawa - Instagram @baesianzfc
Homare Sawa - Instagram @baesianzfc

Timnas Wanita Jepang pernah punya sosok Homare Sawa, salah satu pemain sepak bola wanita terbaik Jepang yang mengantar mereka menjuarai Piala Dunia Wanita 2011 di Jerman.

Mengalahkan Amerika Serikat (AS) yang moncer dengan timnas wanita-nya, Jepang merengkuh gelar Piala Dunia pertama sekaligus menjadi negara Asia pertama yang merebut gelar juara di turnamen ini.

Peran Homare Sawa sangat vital di Timnas Wanita Jepang kala itu. Dia mencetak 5 gol dan 1 assist sepanjang Piala Dunia Wanita 2011. Tak cukup sampai di situ, dia juga meraih penghargaan individu Golden Ball dan Golden Boot.

Homare Sawa membawa Timnas Jepang lolos ke final Olimpiade 2012 dan menyabet medali perak sebagai tim peringkat kedua.

Di Piala Dunia 2015, Timnas Wanita Jepang kembali lolos sampai ke final. Namun, kali ini harus puas duduk di urutan kedua setelah kandas dari AS di final.

Secara keseluruhan, Sawa mengemas 83 gol dalam 205 penampilan untuk Timnas Jepang. Gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA pada 2011 pun melengkapi trofi Pemain Terbaik, Top Skor, dan gelar juara Piala Dunia 2011 yang ia raih.

4. Abby Wambach (Amerika Serikat)

Abby Wambach - Instagram @abbywambach
Abby Wambach - Instagram @abbywambach

Sederet prestasi individu pernah diraih Abby Wambach saat aktif bermain sebagai pesepak bola wanita.

Abby dinobatkan menjadi Atlet Sepak Bola Terbaik AS sebanyak 6 kali pada 2003-2013, yang terbanyak di antara pemain-pemain lain hingga saat ini.

Perempuan yang kini berusia 43 tahun itu sempat memegang rekor pencetak gol terbanyak sepanjang masa di level internasional (pria dan wanita) dengan 184, sebelum dipecahkan oleh Christine Sinclair (Kanada) pada 2020 dengan 189 gol.

Bersama Timnas Wanita AS, Abby Wambach mempersembahkan medali emas Olimpiade 2004 Athena. Dia mencetak gol pada laga final kontra Brasil.

Selanjutnya, Abby kembali membawa Timnas Wanita AS juara pada Olimpiade 2012 London. Trofi Piala Dunia Wanita 2015 pun dia persembahkan buat Negeri Paman Sam.

Abby dianugerahi gelar Pemain Terbaik Wanita FIFA pada 2012. Dia juga menduduki posisi kedua dalam daftar pencetak gol terbanyak di Piala Dunia Wanita dengan 14 gol.

3. Birgit Prinz (Jerman)

Birgit Prinz - Instagram @1pzbi
Birgit Prinz - Instagram @1pzbi

Timnas Wanita Jerman punya sosok Birgit Prinz yang berjasa besar untuk sepak bola wanita di negara tersebut.

Birgit mencatat 214 caps untuk Timnas Wanita Jerman dengan melesakkan 128 gol. Di level klub, dia punya catatan 282 gol dalam 282 penampilan.

Bersama Birgit, Timnas Wanita Jerman 4 kali meraih gelar juara Piala Eropa Wanita, juara Piala Dunia Wanita 2003 dan 2007, dan meraih medali perunggu di Olimpiade 2000, 2004, 2008.

Sama seperti Abby Wambach, Birgit Prinz juga mengoleksi 14 gol di Piala Dunia Wanita, sekaligus menduduki peringkat kedua dalam daftar top skor. Deretan prestasi Birgit dilengkapi dengan penghargaan Pemain Terbaik Wanita 3 kali beruntun pada 2003, 2004, dan 2005.

Birgit masih memegang satu rekor lain yang mungkin sulit untuk dipecahkan: pemain wanita termuda yang tampil di final Piala Dunia Wanita. Saat tampil di final Piala Dunia Wanita 1995 melawan Norwegia, usia Birgit Prinz baru 17 tahun dan menjadi starter.

2. Mia Hamm (Amerika Serikat)

Mia Hamm - Instagram @miahamm
Mia Hamm - Instagram @miahamm

Amerika Serikat mungkin menjadi penghasil pemain sepak bola wanita terbaik di dunia. Sebelum Abby Wambach, AS punya sosok Mia Hamm yang namanya harum karena gelimang prestasi.

Mia Hamm mengantar Timnas Wanita AS menjadi juara Piala Dunia Wanita edisi perdana alias 1991. Dia kembali memenangi gelar tersebut pada 1999.

Medali emas Olimpiade 1996 dan 2004 juga sukses dipersembahkan oleh Hamm untuk negaranya. Selama kariernya, dia mengemas 158 gol dalam 276 caps bareng Timnas Wanita AS.

Karena kehebatannya itu Mia Hamm memenangi 2 edisi perdana trofi Pemain Terbaik Wanita FIFA pada 2001 dan 2002. Tak cukup sampai di situ, Hamm menyabet penghargaan ESPY kategori Atlet Wanita Tahun Ini pada 1998 dan 1999.

Nama Mia Hamm menjadi 1 dari 2 pemain sepak bola wanita yang masuk daftar "125 Pemain Terbaik FIFA" versi Pele pada 2004. Hamm juga menjadi pemain wanita pertama yang masuk "World Football Hall of Fame".

1. Marta (Brasil)

Marta - Instagram @martavsilva10
Marta - Instagram @martavsilva10

Perempuan bernama lengkap Marta Vieira da Silva ini menggebrak panggung sepak bola wanita berkat prestasinya. Marta sampai saat ini masih menjadi pencetak gol terbanyak Piala Dunia (pria dan wanita) sepanjang masa dengan total 17 gol.

Perempuan yang dijuluki "Pele dengan Rok" ini menjadi pemain pertama yang mencetak gol dalam 5 Olimpiade dan Piala Dunia berturut-turut. Marta dianugerahi penghargaan "Pemain Terbaik Wanita Dunia FIFA Tahun Ini" untuk 5 kali beruntun.

Hanya saja, Marta tak bisa membawa Brasil berprestasi di level internasional. Tercatat Tim Samba hanya pernah menjadi runner-up Piala Dunia 2007. Sementara di level Olimpiade, Timnas Brasil meraih medali perak di Athena (2004) dan Beijing (2008).

Itulah daftar lima pemain sepak bola wanita terbaik di dunia sepanjang masa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper