Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Akhir Indonesia vs Jepang Piala Asia 2023: Timnas Garuda Ditekuk Jepang

Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Jepang dalam pertandingan terakhir laga Grup D Piala Asia 2023, dengan skor 3-1.
Pemain Timnas Jepang merayakan gol ke gawang Indonesia dalam pertandingan terakhir Grup D Piala Asia 2023. Hasil Akhir Indonesia vs Jepang Piala Asia 2023: Timnas Garuda Ditekuk Jepang/AFC
Pemain Timnas Jepang merayakan gol ke gawang Indonesia dalam pertandingan terakhir Grup D Piala Asia 2023. Hasil Akhir Indonesia vs Jepang Piala Asia 2023: Timnas Garuda Ditekuk Jepang/AFC

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Jepang dalam pertandingan terakhir laga Grup D Piala Asia 2023, dengan skor 3-1.

Bermain di Stadion Al Thumama, Rabu (24/1/2024) petang, gol Jepang ke gawang Timnas Indonesia dibuat oleh strikernya Ayase Ueda pada menit 6, 52 dan satu gol bunuh diri Justin Hubner. Sementara itu gol Indonesia dibuat oleh Sandy Walsh di akhir pertandingan.

Pertandingan baru mulai tiga menit, Indonesia langsung dijatuhi hukuman penalti oleh wasit karena Jordi Amat melanggar pemain Jepang, Ayase Ueda.

Ueda yang mengambil penalti tersebut menjalankan tugasnya dengan baik pada menit lima. Menyepak bola dengan keras ke kiri gawang tanpa bisa dihalau oleh kiper Indonesia, Ernando Eri.

Setelah gol dari Ueda, Timnas Jepang terus menekan pertahanan Indonesia dari segala penjuru dan tidak membiarkan Skuad Garuda memegang bola terlalu lama. Jepang rupanya paham betul, membiarkan Indonesia menguasai bola akan sangat berbahaya.

Hingga menit 20, Timnas Indonesia tidak mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol ke gawang Jepang. Meski Jepang menguasai bola, tetapi pertahanan Indonesia bisa mengantisipasi pola serangan.

Timnas Indonesia mulai bisa membangun serangan pada menit 28. Serangan tersebut membuat Timnas Indonesia mendapat peluang mencetak gol tetapi umpan tarik dari Marselino Ferdinan dipotong Nakayama

Timnas Jepang kembali menyerang pertahanan Indonesia. Pada menit 34 Tim Samurai Biru mendapat kesempatan emas mencetak gol, tetapi sepakan Keita Nakamura membentur mistar gawang.

Hingga babak pertama selesai, Timnas Indonesia tertinggal dari Jepang 0-1 di laga terakhir Piala Asia Grup D.

Masuk di babak kedua, Timnas Indonesia mencoba untuk menyerang pertahanan Jepang guna mengejar ketertinggalan gol.

Ayase Ueda kembali mencetak gol keduanya di pertandingan ini. Menerima umpan dari Ritsu Doan, Ueda dengan tenang menyontek bola ke gawang kosong pada menit 52.

Beberapa menit kemudian giliran Doan yang mengancam gawang Ernando Ari. Berawal dari serangan balik di sisi sebelah kiri, tendangan Doan melenceng tipis dari gawang Indonesia.

Meski sudah unggul 2-0, Timnas Jepang bermain dengan sangat serius dan benar-benar tidak memberikan Indonesia kesempatan untuk "bermain".

Timnas Indonesia mempunyai kesempatan untuk menyerang pada menit 62. Setelah membangun serangan dari bawah, tendan Marselino yang mendapat umpan dari Egy masih melambung dari gawang.

Pelatih Shin Tae-yong melakukan eksperimen menarik di pertandingan ini dengan menempatkan Elkan Baggott sebagai seorang striker menggantikan posisi Egy yang mengalami cidera.

Timnas Jepang berhasil menambah gol pada menit 88 setelah Justin Hubner melakukan gol bunuh diri saat berusaha menghalau bola tendangan dari Ueda.

Timnas Indonesia berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 1-3 setelah Sandy Walsh mencetak gol pada menit 90 lewat sepakan dari dalam kotak penalti.

Hingga pertandingan berakhir, Jepang unggul 3-1 atas Indonesia. Dengan hasil ini, nasib Indonesia untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 akan ditentukan dari pertandingan Yordania vs Bahrain dan Kirgistan vs Oman.

Susunan pemain Indonesia vs Jepang:

Timnas Indonesia: Ernando Eri, Sandy Walsh, Jordi Amat, Justin Hubner, Pratama Arhan, Risky Ridho, Ivar Jenner, Egy Maulana Vikri, Yacob Sayuri, Marselino Ferdinan, Rafael Struick

Timnas Jepang: Zion Suzuki, Koki Machida, Yuta Nakayama, Seiya Maikuma, Takehiro Tomiyasu, Takefusa Kubo, Keito Nakamura, Reo Hatate, Wataaru Endo, Ritsu Doan, Ayase Ueda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper