Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Marselino Ferdinan Masuk Jajaran Pencetak Gol Termuda Piala Asia

Gelandang timnas Indonesia, Marselino Ferdinan, masuk dalam daftar pencetak gol termuda sepanjang sejarah Piala Asia.
Marselino Ferdinan masuk jajaran pencetak gol termuda di Piala Asia/Instagram Marselino Ferdinan
Marselino Ferdinan masuk jajaran pencetak gol termuda di Piala Asia/Instagram Marselino Ferdinan

Bisnis.com, JAKARTA - Gelandang timnas Indonesia, Marselino Ferdinan, masuk dalam daftar pencetak gol termuda sepanjang sejarah Piala Asia.

Marselino Ferdinan menjadi pencetak gol termuda keempat di Piala Asia pada abad ke-21 (mulai 2001).

Satu gol dilesatkan Marselino pada laga pertama timnas Indonesia di Piala Asia 2023 melawan Irak di Stadion Ahmed bin Ali, Qatar, Senin (15/1/2024).

Menerima umpan ciamik dari Yakob Sayuri, Marselino yang berdiri bebas tanpa kawalan sukses mencocor bola dan mengubah skor imbang 1-1.

Dilansir dari akun Twitter @FTalentScout, pesepak bola klub Belgia KMSK Deinze itu mencetak gol di Piala Asia 2023 saat usianya menginjak 19 tahun 4 bulan 6 hari.

"Marselino Ferdinan dari Indonesia adalah pemain termuda ke-4 yang mencetak gol di Piala Asia abad ke-21," tulis dari @FTalentScout, Selasa (16/1/2024).

Eks pemain Persebaya Surabaya itu terpaut hampir satu tahun dari pencetak gol termuda Piala Asia abad ke-21, Son Heung-min.

Son mencetak gol di Piala Asia 2011 saat usianya 18 tahun 6 bulan 10 hari. Kapten Tottenham Hotspur itu membantu negaranya menjebol gawang timnas India pada menit ke-81 untuk menutup kemenangan dengan skor 4-1.

"Son Heung-min (Korea Selatan) - 18 tahun, 6 bulan & 10 hari. Mohanad Ali (Irak) - 18 tahun, 6 bulan & 19 hari. Magid Mohamed Hassan (Qatar)- 18 tahun, 9 bulan & 17 hari. MARSELINO FERDINAN (Indonesia) - 19 tahun 4 bulan & 6 hari," tulis @FTalentScout.

"Salah satu hal positif terbesar Tim Garuda dalam pertandingan pembuka turnamen. Ikon masa depan sepak bola Indonesia," lanjut cuitan @FTalentScout.

Tak hanya itu, Marselino juga membukukan rekor impresif lainnya yaitu menjadi pemain termuda timnas Indonesia yang mencetak gol di Piala Asia.

Ia melewati rekor sebelumnya yakni Ponaryo Astaman di Piala Asia 2004 yang mencetak gol pada usia 24 tahun, 9 bulan, 29 hari.

Marselino juga menjadi pemain pertama dari Belgian Challenger Pro League atau kasta kedua Liga Belgia yang mencetak gol di Piala Asia.

"Marselino Ferdinan dari @KMSKDeinze adalah pemain pertama dari Liga Pro Challenger Belgia yang pernah mencetak gol di @afcasiancup. Garuda," tulis Twitter @OptaJohan, Selasa (16/1/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper