Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lewat Nota Kesepahaman, Erick Thohir Tegaskan PSSI Siap Diperiksa Satgas Antimafia Bola

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menegaskan komitmen memberantas pengaturan skor di sepak bola Indonesia.
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (kanan), menandatangani nota kesepahaman dengan Kapolri Listyo Sigit Prabowo (kiri) tentang komitmen menjaga sepak bola Indonesia dari praktik pengaturan skor lewat Satgas Antimafia Bola, Rabu (13/12/2023)/PSSI.
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (kanan), menandatangani nota kesepahaman dengan Kapolri Listyo Sigit Prabowo (kiri) tentang komitmen menjaga sepak bola Indonesia dari praktik pengaturan skor lewat Satgas Antimafia Bola, Rabu (13/12/2023)/PSSI.

Bisnis.com, SOLO - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menegaskan komitmen memberantas pengaturan skor di sepak bola Indonesia.

Erick Thohir menyatakan bahwa upaya pemberantasan mafia sepak bola Indonesia kini telah memasuki babak baru sesuai dengan harapan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Jokowi meyakini bahwa sepak bola Indonesia akan semakin baik dengan kompetisi yang bersih dan berprestasi.

Selain itu Kepala Negara juga menargetkan Indonesia menjadi salah satu yang terbaik di Asia Tenggara, Asia, bahkan dunia nantinya.

Erick menyampaikan komitmen memberantas pengaturan skor di Liga Indonesia dalam penandatanganan nota kesepahaman PSSI dan Polri di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (13/12/2023).

Erick mengucapkan terima kasih atas keseriusan Presiden dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Listyo Sigit Prabowo dalam mendorong pengungkapan mafia sepak bola.

Erick menegaskan bahwa pengungkapan mafia sepak bola harus dilakukan tanpa pandang bulu.

"Oleh karena itu, saya dan PSSI siap diperiksa jika memang diperlukan dalam pengungkapan mafia bola ini. PSSI akan selalu transaparan," ujar Erick Thohir.

Hadir pada kesempatan tersebut Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Kepala Satgas Antimafia Bola Polri Irjen Polisi Asep Edi Suheri, Ketua Satgas Antimafia Bola Independen Maruarar Sirait, serta Anggota Satgas Antimafia Bola Independen Najwa Shihab.

"Hal yang luar biasa terjadi hari ini bahwa cita-cita sebagai bangsa yang ingin memiliki sepak bola bersih dan berprestasi dilakukan terus menerus oleh Presiden Jokowi dan Presiden (FIFA) Gianni Infantino," kata Erick.

"Mereka percaya sepak bola indonesia bisa jadi yang terbaik di Asia Tenggara, Asia, dan bahkan di dunia," tutur dia.

Erick mengungkapkan bahwa untuk mewujudkan harapan Presiden Jokowi, FIFA, dan pecinta sepak bola Indonesia, maka PSSI dan Polri telah membentuk Satgas Antimafia Bola Polri.

Tak hanya itu saja, nantinya tim khusus bentukan Polri itu akan dibantu oleh Satgas Antimafia Bola Independen sebagai pendamping.

"FIFA dan pemerintah ingin mendorong sepak bola Indonesia tidak terindikasi adanya pengaturan skor," ucap Menteri BUMN itu.

Di sisi lain, Erick melanjutkan, Kapolri juga selalu mengingatkan kepada PSSI untuk menjaga dinamika yang terjadi di kalangan suporter.

Hal itu agar keamanan terjamin dan suporter dapat pulang ke rumah dengan selamat usai menyaksikan pertandingan sepak bola.

Erick pun menegaskan bahwa kerja sama PSSI dengan Polri selama ini berjalan dengan baik. Hal itu terlihat dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 yang berlangsung aman dan tertib.

"Ini menunjukkan bahwa kita bisa dan ke depannya penyelenggaraan event internasional dapat terus berkelanjutan sesuai harapan Presiden Jokowi. Terima kasih atas atensi dan dukungan Kapolri, juga dukungan dari Satgas Antimafia Bola," kata Erick.

Sementara itu, Kapolri mengatakan bahwa langkah yang telah dilaksanakan Satgas Anti Mafia Bola Polri ini merupakan upaya menjalankan kebijakan Presiden Jokowi, yaitu membangun iklim sepak bola yang baik dan kondusif.

"Kami concern terhadap kebijakan Presiden dan Ketua Umum PSSI untuk membawa sepak bola indonesia ke arah yang lebih baik, menciptakan atlet yang berprestasi, dan membawa sepak bola indonesia berkualitas ke kancah internasional," tutur Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper