Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Piala Dunia U-17 Momentum Perkenalkan Pura Mangkunegaran

KGPAA Mangkunagoro X Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo berharap gelaran Piala Dunia U-17 2023 menjadi kesempatan memperkenalkan wisata Indonesia.
Pendopo, Ndalem Ageng, Pringgitan di Puro Mangkunegaran, Jl Ronggowarsito No 83, Kelurahan Keprabon, Banjarsari, Solo, Senin (29/3/2021). JIBI/Solopos-Wahyu Prakoso
Pendopo, Ndalem Ageng, Pringgitan di Puro Mangkunegaran, Jl Ronggowarsito No 83, Kelurahan Keprabon, Banjarsari, Solo, Senin (29/3/2021). JIBI/Solopos-Wahyu Prakoso

Bisnis.com, SOLO - Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Mangkunegara X Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo berharap gelaran Piala Dunia U-17 2023 menjadi kesempatan memperkenalkan situs sejarah dan budaya Indonesia.

Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sangat mendukung pelaksanaan Piala Dunia U-17 2023 di Kota Solo.

Menurutnya, gelaran tersebut akan membuat Kota Solo dan Indonesia pada umumnya menjadi tujuan wisatawan domestik maupun mancanegara.

"Kami berupaya memberikan pengalaman kebudayaan terbaik dan memberi kesan mendalam bagi para tamu atau pengunjung Pura Mangkunegaran, Kota Surakarta, Jawa Tengah (Jateng) di momen Piala Dunia U-17 ini," kata Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo melalui pesan singkat kepada tim Information Center Piala Dunia U-17 2023, Kamis (30/11/2023)

Gusti Bhre juga mengungkapkan bahwa beberapa tim kontestan bersama ofisialnya telah berkunjung dan melihat Pura Mangkunegaran.

Dirinya pun memastikan jajaran Pura Mangkunegaran siap memberikan pelayanan maksimal untuk melayani para tamu tersebut dengan mengedepankan ciri budaya Kesultanan yang kaya nilai sejarah.

Hal itu, lanjutnya, akan memberikan pengalaman baru yang belum pernah dijumpai di negara lain bagi tamu yang khusus datang karena event Piala Dunia U-17 2023.

"Selama pelaksanaan Piala Dunia U-17 ini beberapa official tim sempat berkunjung ke Mangkunegaran. Berbaur dengan wisatawan asing lain yang berkunjung sambil menunggu jadwal pertandingan tim nasional negaranya,” kata Kanjeng Gusti Bhre.

Terpisah, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kota Solo Siti Khotimah juga mengungkapkan bahwa Pura Mangkunegaraan menjadi pilihan wisata dari ofisial dan wisatawan asing di momen Piala Dunia.

Kesunanan Surakarta Hadiningrat, tutur Siti, juga telah didengar oleh mereka namun belum pernah berkunjung langsung.

Maka itu di saat Piala Dunia memasuki jeda, beberapa dari ofisial tim menyempatkan diri untuk berkunjung.
"Mereka kemudian ke Mangkunegaraan saat rest day atau waktu istirahat," ujar dia.

Selain Mangkunegaran, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, yang menjadi salah satu ikon baru Kota Bengawan, juga menjadi destinasi wisata para pemain dan ofisial tim.

Timnas Ekuador U-17 misalnya. Usai tersingkir setelah kalah 1-3 dari Brasil di babak 16 besar, mereka memilih menghabiskan waktu untuk menikmati suasana dan jalan-jalan di Kota Solo sebelum kembali ke negara asalnya.

Piala Dunia U-17 2023 kini menyisakan 4 tim yang masih akan bertanding di Stadion Manahan Solo.

Di partai perebutan tempat ketiga, Argentina akan menghadapi Mali di Stadion Manahan, Solo, Jumat (1/12/2023).

Puncaknya, final Piala Dunia U-17 2023 akan digelar Sabtu (2/12/2023) di tempat yang sama. Prancis dan Jerman akan saling jegal untuk merengkuh trofi tertinggi di sepak bola usia muda ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper