Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Rekor Atlet Indonesia di Asian Games 2023, Panjat Tebing Istimewa

Meski gagal memenuhi target medali dan hanya finis di posisi ke-13, atlet Indonesia menorehkan tinta emas di Asian Games 2023 Hangzhou, China.
Daftar rekor atlet Indonesia di Asian Games 2023/Antara.
Daftar rekor atlet Indonesia di Asian Games 2023/Antara.

Bisnis.com, SOLO - Meski gagal memenuhi target medali dan hanya finis di posisi ke-13, atlet Indonesia menorehkan tinta emas di Asian Games 2023 Hangzhou, China.

Gelaran Asian Games 2023 Hangzhou, China, telah resmi ditutup pada kemarin, Minggu (8/10/2023).

Kontingen Indonesia mengakhiri Asian Games 2023 dengan finis di posisi ke-13 berbekal 7 emas, 11 perak, dan 18 perunggu.

Meski gagal mencapai target finis di posisi 12 dan menyabet 8 emas, atlet Indonesia tetap mencatat prestasi gemilang.

Dari sektor angkat besi, Rahmat Erwin Abdullah memecahkan rekor dunia di Asian Games 2023 ketika menyabet medali emas nomor 73 kilogram (kg).

Rahmat mencetak rekor clean and jerk dengan beban 201 kg. Angkatan itu dituntaskan Rahmat pada kesempatan terakhir.

Beban 201 kg itu menjadi rekor di Asian Games, Asia, dan bahkan dunia. Selain itu, khusus di Asian Games, Rahmat mencetak rekor total angkatan seberat 359 kg.

Beralih ke panjat tebing, dua wakil Indonesia di nomor putra dan putri yakni Veddriq Leonardo dan Desak Made Rita Kusuma Dewi masing-masing mampu mencatatkan namanya di buku sejarah.

Desak Made menorehkan catatan waktu 6,522 detik pada babak semifinal Asian Games 2023. Angka itu memecahkan rekor yang dipegang Aries Susanti dengan 7,612 detik.

Di babak kualifikasi Desak Made sudah memecahkan rekor dengan torehan waktu 6,600 detik sebelum catatan tersebut ia pertajam di semifinal.

Sementara Veddriq membukukan rekor waktu 4,90 detik dalam babak perempat final Asian Games 2023.

Veddriq yang akhirnya meraih medali emas itu sudah memecahkan rekor dunia pada babak kualifikasi.

Atlet 26 tahun itu mengukir catatan waktu 4,98 detik, mematahkan rekor atlet Indonesia Kiromal Katibin yakni 5,00 detik pada Piala Dunia Panjat Tebing 2022.

Terakhir dari cabang olahraga menembak, Muhammad Sejahtera Dwi Putra menjadi penyumbang emas pertama Indonesia di Asian Games 2023 lewat nomor 10m Running Target putra.

Tak hanya itu saja, Tera, sapaannya, menyabet emas kedua di nomor 10m Running Target Mixed Run putra. Torehan 2 medali emas Asian Games 2023 itu menyejajarkan Tera dengan atlet-atlet legendaris Indonesia seperti Christian Hadinata, Hendra Setiawan, dan ganda putra Rexy Mainaky/Ricky Subagja (bulu tangkis).

Selain itu juga ada Wiem Gommies (tinju), Hendrik Brocks (cycling), Oka Sulaksana (layar) dan legenda tenis Yayuk Basuki yang juga menyabet 2 medali emas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper