Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Semifinal Hong Kong Open 2023, Gregoria Terhenti, Pearly/Thinaah ke Final

Hasil semifinal Hong Kong Open 2023, Gregoria Mariska Tunjung harus terhenti langkahnya setelah dikalahkan Akane Yamaguchi dari Jepang.
Tunggal putri Gregoria Mariska/PBSI
Tunggal putri Gregoria Mariska/PBSI

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil semifinal Hong Kong Open 2023, Gregoria Mariska Tunjung harus terhenti langkahnya setelah dikalahkan Akane Yamaguchi dari Jepang.

Bertanding di Hong Kong Coliseum, Sabtu (16//9/2023), Gregoria memaksa unggulan teratas tersebut bertarung tiga set dengan skor 17-21, 25-23, dan 21-18 dalam waktu 1 jam 10 menit.

Sebelumnya, Gregoria berhasil maju ke semifinal seusai mengalahkan Carolina Marin (Spanyol) dua gim langsung 21-9, 21-18 di perempat final.

Hasil semifinal Hong Kong Open 2023, di sektor ganda putri, wakil Malaysia, Pearly Tan/Thinaah Muralitharan lolos ke final setelah menekuk kakak beradik, Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard (Thailand) dengan skor 21-13 dan 21-18.

Pearly/Thinaah akan menanti pemenang antara Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva atau Maiken Fruegaard/Sara Thygesen.

Setelah Gregoria, Indonesia masih mempunyai wakil di ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang akan bertemu dengan wakil Taiwan Lee Yang/Wang Chi Lin di semifinal Hong Kong Open 2023. The Babies sebelumnya menang atas pasangan Jerman Mark Lamsfuss/Marvin Seidel melalui rubber game 18-21, 21-15, 21-14 di babak perempat final.

Lebih lanjut, pertandingan terakhir di sesi pertama diisi oleh ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang bakal bersua dengan Maiken Fruengaard/Sara Thygesen (Denmark). Apri/Fadia lolos ke semifinal setelah menang dari wakil China Li Wen Wei/Liu Xuan Xuan, 21-15, 21-13.

Sesi kedua berlanjut mulai pukul 16.00 dan dimulai dengan aksi dari wakil ganda putra lainnya, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang menghadapi wakil Denmark Kim Astrup/Anders Rasmussen.

Sebelumnya, pasangan berjuluk The Daddies itu membungkam perlawanan Keiichiro Matsui/Yoshinori Takeuchi (Jepang) dengan dua gim langsung 22-20, 21-16 di perempat final.

Sementara dari sektor tunggal putra, ada Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting yang masing-masing akan bertemu dengan Kenta Nishimoto (Jepang) dan Ng Tze Yong (Malaysia).

Jonatan sebelumnya memenangkan laga atas wakil Taiwan Chia Hao Lee di babak delapan besar melalui dua gim langsung 21-19, 21-18.

“Syukur Puji Tuhan, kemenangan ini mungkin kado ulang tahun saya,” kata Jonatan, dikutip dari keterangan singkat PBSI.

Mengenai jalannya pertandingan, Jonatan mengatakan dirinya tak menampik jika ada sedikit tekanan, mengingat Lee sebelumnya berhasil menumbangkan dua unggulan teratas yaitu Viktor Axelsen (Denmark) dan Lee Zii Jia (Malaysia).

Meski demikian, Jonatan yang turun sebagai unggulan kelima itu berusaha untuk tetap fokus dan tenang dalam mengumpulkan poin demi poin di babak tersebut.

“Saya pastinya ada tekanan apalagi lawan juga bukan sembarangan, dia baru mengalahkan Viktor Axelsen dan Lee Zii Jia juga dan tadi di gim kedua dia kembali dengan perjuangannya,” kata Jonatan.

“Saya yang sudah unggul dan dia bisa mengejar. Belum lagi tadi di akhir, saya mau minta lap lapangan karena memang agak basah tapi wasit tidak mengizinkan,” ujarnya menambahkan.

Jonatan melanjutkan, dirinya ingin lebih tenang dan tidak terburu-buru dalam mematikan bola. Hal itu menyusul sejumlah angka yang ia berikan cuma-cuma kepada Lee karena tak sabar merebut angka.

“Dari start awal memang tidak mau menganggap remeh tapi ada beberapa momen saya terbawa emosi, terlalu menggebu-gebu saat bola tanggung. Itu pelajaran buat saya untuk bisa lebih tenang,” kata dia.

Di hari ulang tahunnya ini, Jonatan berharap bisa menjadi atlet yang lebih dewasa dan dijauhkan dari cedera agar bisa memberikan penampilan yang baik di setiap turnamen yang ia ikuti.

“Karena lagi ulang tahun, saya mohon doa untuk semua masyarakat Indonesia agar saya dijauhkan dari cedera, lebih bijak dan lebih dewasa. Karena kalau minta didoakan supaya sukses misalnya di turnamen ini, tidak ulang tahun pun saya rasa semua doain itu,” ujar Jonatan sembari tertawa.

Sementara Anthony menang dari wakil Taiwan Su Li Yang dua gim langsung 21-12, 21-16 di perempat final turnamen BWF Super 500 tersebut.

"Pertama-tama mengucap syukur bisa menyelesaikan pertandingan dengan baik tanpa cedera. Pastinya senang bisa kembali ke semifinal," ungkap Ginting melalui pesan resmi PP PBSI di Jakarta, Jumat.

"Tapi tetap fokusnya tidak boleh hilang, persiapan lagi diri sendiri untuk besok," imbuh Ginting.

Soal kemenangannya hari ini, Ginting menceritakan bahwa permainan agresif menjadi fokusnya untuk melemahkan pertahanan Li Yang. Ginting memahami betul bahwa lawannya punya keuntungan faktor tenaga, karena tidak menjalani dua pertandingan dari babak sebelumnya.

"Su Li Yang memang tidak bermain di babak pertama dan kedua karena lawannya walkover, tapi rasanya tidak berpengaruh karena ini pertemuan pertama kami. Jadi memang belum ada gambaran apa-apa di lapangan," kata Ginting.

Hasil semifinal Hong Kong Open 2023, Sabtu (16/9/2023):

Gregoria Mariska Tunjung vs Akane Yamaguchi 17-21, 25-23, 18-21

Pearly Tan/Thinaah Muralitharan vs Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard (Thailand) 21-13, 21-18

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper