Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekap Hasil Final Hong Kong Open 2023, Indonesia Jadi Juara Umum!

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti berhasil menjadi juara Hong Kong Open 2023. Ini rekap hasil final Hong Kong Open 2023, Indonesia menjadi juara umum.
Ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti menjadi juara di Hong Kong Open 2023/PBSI
Ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti menjadi juara di Hong Kong Open 2023/PBSI

Bisnis.com, JAKARTA - Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti berhasil menjadi juara Hong Kong Open 2023, setelah di partai final mengalahkan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan asal Malaysia.

Gelar juara di Hong Kong Open 2023 membuat Apriyani/Fadia semakin termotivasi untuk konsisten meraih gelar dari turnamen-turnamen lainnya.

"Kami senang tapi kami harus tetap haus akan gelar juara, jangan mudah puas dan kami mau momentum bagus ini bisa terus kami pertahankan. Kami ingin selalu konsisten," ujar Fadia melalui informasi resmi PP PBSI di Jakarta.

Kemenangan Apri/Fadia di Hong Kong menjadi gelar perdana mereka pada ajang BWF World Tour pada 2023. Prestasi dari turnamen berkategori Super 500 itu datang setelah Apri/Fadia mengalahkan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan asal Malaysia.

Duo Indonesia menundukkan perlawanan Pearly/Muralitharan pada babak final dengan rubber game 14-21, 24-22, 21-9.

"Di gim pertama dan kedua, itu benar-benar permainan yang sudah sama-sama tahu. Apa yang kami rencanakan mereka sudah tahu, sebaliknya juga begitu, kami sudah mengantisipasi juga setiap rencana mereka. Saat setting poin kami bisa lebih tenang dalam penggunaan strateginya," Fadia menceritakan.

Pada pertandingan berdurasi 73 menit tersebut, Apri/Fadia harus tertinggal lebih dulu pada gim pertama. Namun mereka mampu bangkit dan merebut keunggulan Pearly/Muralitharan pada gim kedua dan ketiga.

Bahkan drama kejar mengejar poin sempat mewarnai unggulan ketujuh itu jelang akhir gim kedua.

Setelah Apri/Fadia sukses merebut kemenangan gim kedua, permainan Pearly/Muralitharan menjadi tak konsisten dan banyak pukulan mereka yang eror. Ditambah lagi Pearly mengalami cedera sehingga menambah kesulitan bagi duo Malaysia.

"Tadi Pearly/Thinaah bagus sekali mainnya. Hanya memang ada insiden di poin-poin akhir gim ketiga. Kami mendoakan yang terbaik untuknya. Semoga cederanya tidak terlalu serius, bisa recovery dengan baik," ujar Apriyani.

Kemenangan tersebut menjadi hal yang sangat disyukuri Apri/Fadia, apalagi mereka nirgelar sejak terakhir kali di Singapore Open, Juli 2022.

"Pertama-tama alhamdulillah bersyukur untuk gelar hari ini. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Fadia, pelatih saya yang mendampingi, mas Pras (Prasetyo Restu Basuki), PBSI tentunya, dan semua masyarakat Indonesia yang selalu dukung dan mendoakan kami," pungkas Apriyani.

Indonesia menambah gelar juara di Hong Kong Open 2023 setelah Jonatan Christie yang menjadi unggulan kelima mengalahkan wakil Jepang Kenta Nishimoto dengan kemenangan rubber game 12-21, 22-20, 21-18.

Gelar juara tersebut juga menjadi kemenangan kedua bagi Jonatan pada ajang Super 500, setelah Indonesia Masters 2023 pada Januari.

Permainan Jonatan pada gim pertama terbilang kurang solid untuk menghadapi Kenta yang punya pertahanan rapat. Jonatan berusaha mengubah pola permainan namun kerap mengalami kebuntuan.

Upaya wakil Indonesia dengan bermain lebih sabar pun tak membuahkan hasil. Kenta tak segan untuk mengejar umpan-umpan jauh dari Jonatan, yang sukses ia kembalikan.

Setelah 21 menit bersaing, gim pertama tak bisa diamankan Jonatan. Apalagi momen kehilangan sembilan poin secara beruntun dari 9-9 menjadi 9-18 sangat memukul mental Jonatan.

Pertahanan pemain unggulan kelima itu pun goyah dan mampu diakali Kenta secara mudah sebelum akhirnya ditutup dengan skor 12-21.

Pada gim kedua permainan Jonatan masih belum menunjukkan perkembangan berarti. Satu-satunya keunggulan yang ia raih ialah skor 7-4, setelah mendulang tiga poin beruntun atas Kenta.

Namun Kenta tak mau kalah dan kembali merebut keunggulan setelah berusaha keras memperkecil selisih dengan wakil Indonesia. Berkat usaha keras Jonatan, ia pun kembali mengambil alih keunggulan.

Meski sempat terlibat setting, namun Jonatan sukses menjaga permainannya hingga gim kedua usai dengan kemenangan 22-20.

Jonatan melalui laga dramatis pada gim ketiga, ketika ia dan Kenta terlibat dalam kejar mengejar poin sejak awal permainan.

Keduanya terus saling mengejar dan menyamakan skor, dan kerap bergonta-ganti strategi agar bisa mengakali permainan lawan.

Memasuki penghujung gim saat skor, Jonatan mendapat dua poin penutup secara mudah akibat kesalahan yang dibuat Kenta sehingga skor menjadi 21-18.

Sayangnya hasil final Hong Kong Open 2023 di nomor ganda putra, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin harus takluk dari ganda Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

Leo/Daniel kalah dari Kim/Anders lewat pertarungan tiga gem 10-21, 24-22, dan 19-21 dalam waktu 1 jam 1 menit.

Hasil itu membuat Timnas Bulu tangkis Indonesia menjadi juara umum Hong Kong Open 2023 dari torehan gelar ganda putri dan tunggal putra.

Sementara itu di nomor tunggal putri, Akane Yamaguchi berhasil menjadi juara setelah mengalahkan wakil China, Zhang Yi Man dengan skor 21-1-8 dan 21-15 dalam waktu 38 menit.

Di nomor ganda campuran, wakil tuan rumah Tang Chun Man/Tse Ying Tsuet ditekuk Guo Xin Wa/Wei Ya Xin dengan skor 21-13 dan 21-19.

Hasil Perempat final Hong Kong Open 2023, Minggu (17/9/2023), di Hong Kong Coliseum:

Pearly TAN [6] / THINAAH Muralitharan vs Apriyani RAHAYU [7] /Siti Fadia Silva RAMADHANTI 21-14, 22-24, 9- 21

Akane YAMAGUCHI [1] vs ZHANG Yi Man 21-18, 21-15

GUO Xin Wa / WEI Ya Xin vs TANG Chun Man / TSE Ying Suet 21-13, 21-19

Jonatan CHRISTIE [5] vs Kenta NISHIMOTO 12-21, 22-20, 21-18

Kim ASTRUP [7] / Anders Skaarup RASMUSSEN vs Leo Rolly CARNANDO [6] / Daniel MARTHIN  21-10, 22-24, 21-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper